Diwacanakan Masuk KONI, IBA-MMA Bakal Jaring Petarung Amatir

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 43 2265057 diwacanakan-masuk-koni-iba-mma-bakal-jaring-petarung-amatir-nE5NkZPdip.jpg Ring UFC (Foto: UFC)

JAKARTA – Wacana Ikatan Bela Diri Amatir Mixed Martial Arts (IBA-MMA) untuk masuk sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) disambut positif oleh atlet-atletnya. Dengan masuknya IBA-MMA ke KONI, diharapkan akan semakin banyak muncul petarung-petarung andal di Indonesia.

Sekadar informasi, IBA-MMA bergerak dalam pembinaan petarung-petarung pada level amatir. Dengan demikian, atlet-atlet yang ingin menjadi profesional, dapat melalui jenjang kompetisi yang digelar oleh IBA-MMA.

Belum lama ini, Pengurus Pusat IBA-MMA dan Keluarga Besar Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI) menggelar pertemuan di Kantor Pusat KONI. Dalam pertemuan tersebut, dibahas mengenai pembedaan fungsi antara KOBI dengan IBA-MMA.

Baca juga: Jika Ditunda, PON XX Papua Kemungkinan Digelar Oktober 2021

Ilustrasi pertarungan MMA (Foto: UFC)

KOBI juga mendukung wacana agar IBA-MMA masuk sebagai anggota KONI. Dengan demikian, IBA-MMA akan lebih terarah dalam membina atlet-atlet pada level amatir, sedangkan KOBI mempersiapkan jenjang profesional. Hal ini disambut baik oleh kedua atlet IBA-MMA.

“Tanggapan saya, kalau bisa lebih cepat lebih baik karena itu yang ditunggu-tunggu,” ujar petarung bernama Antonius Muyak, dikutip dari video Youtube Kanal Anak Bangsa, Kamis (20/8/2020).

Hal senada diungkapkan petarung wanita bernama Nurul Azizah. Ia mengatakan, antusiasme perempuan di Indonesia untuk menjadi atlet MMA cukup tinggi, terutama di daerah-daerah. Dengan bergabungnya IBA-MMA ke KONI, diharapkan dapat menjaring bakat-bakat itu ke level amatir.

“Saya senang sekali, terutama untuk petarung-petarung wanita di Indonesia. Di setiap daerah banyak sekali wanita yang antusias untuk bermain. Perempuan-perempuan Indonesia sudah memiliki jiwa perang, tidak kalah dengan laki-laki,” timpal Nurul Azizah.

Lebih lanjut, Antonius Muyak yang juga anggota TNI itu sangat bersyukur dengan pembagian tugas dari KOBI dan IBA-MMA karena setiap atlet bisa tahu jenjang yang jelas menuju profesional. Sementara Nurul berharap IBA-MMA bisa membina atlet secara amatir dari usia dini.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini