Jika Ditunda, PON XX Papua Kemungkinan Digelar Oktober 2021

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 15 April 2020 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 43 2199733 jika-ditunda-pon-xx-papua-kemungkinan-digelar-oktober-2021-oDJgZVf6ll.jpg Venue PON XX, Stadion Utama Papua Bangkit (Foto: Okezone)

JAKARTA – Penyelenggaraan PON XX di Papua yang sedianya akan dilangsungkan pada Oktober-November 2020 kini berpotensi diundur akibat mewabahnya Virus Corona (Covid-19). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjelaskan kepastian nasib PON 2020 Papua tersebut baru akan didapat setelah diakukan rapat cabinet dengan Presiden RI, Joko Widodo.

Usulan untuk menunda PON 2020 Papua sebenarnya datang dari berbagai pihak, seperti Komisi X DPR RI serta KONI Pusat dan Daerah, setelah mempertimbang kondisi yang tengah berkembang saat ini. Meski begitu, mereka telah menyiapkan tanggal, jika pada akhirnya Presiden Joko Widodo menyetujui penundaan tersebut.

Baca juga: Menpora Belum Bisa Pastikan Nasib PON 2020 Papua

Menpora Zainudin Amali (tengah)

Zainudin menerangkan bahwa jika penyelenggaraan tahun ini dibatalkan , maka PON XX akan diselenggarakan pada Oktober 2021. Pemilihan Oktober dilakukan karena pada bulan-bulan lainnya sudah diisi dengan berbagai kegiatan yang tak kalah pentingnya.

Pada awalnya, penyelenggaraan sebenarnya ingin dilakukan pada Maret 2021. Akan tetapi, ada kemungkinan di bulan tersebut anggaran di daerah belum turun. Sehingga, itu akan membebani setiap daerah untuk mengirimkan atletnya. Maka dari itu, Oktober dinilai sebagai waktu yang paling tepat.

“Aspirasi untuk menunda datang dari berbagai pihak. Tapi, tugas saya adalah membuat semua itu menjadi laporan untuk bapak Presiden. Untuk saat ini mohon bersabar untuk menunggu kabar pastinya (penyelenggaraan PON XX),” ujar Zainudin dalam konferensi pers, Rabu (15/4/2020).

“Usulan dari KONI bulan Oktober 2021, opsi lain Maret. Tapi, ada pertimbangan kalau bulan Maret anggaran di daerah belum semuanya keluar. Jadi, ini usulan dr KONI. Mereka pun dapat masukan dari KONI Daerah. Soalnya, bulan-bulan lainnya sudah tersisi. April-Mei itu sudah puasa, Mei-Juni ada Piala Dunia U-20, Juli-Agustus Olimpiade, September peringatan Hari Olahraga Nasional tapi masih tentatif, November ada SEA Games di vietnam,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini