Rossi Gembira MotoGP San Marino 2020 Dapat Dihadiri Penonton

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 23:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 38 2262473 rossi-gembira-motogp-san-marino-2020-dapat-dihadiri-penonton-DLWcbyl5Mg.jpg Valentino Rossi senang MotoGP San Marino 2020 dihadiri penonton (Foto: MotoGP)

SPIELBERG – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, bersyukur karena pekan balapan MotoGP San Marino dan Emilia-Romagna 2020 akan dihadiri oleh penonton. Ia mengatakan, balapan di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli tanpa penonton, sulit untuk dibayangkan.

Sebagaimana diketahui, Seperti diketahui, lima seri perdana Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 digelar tanpa kehadiran penonton. Langkah itu diambil sebagai bagian dari protokol kesehatan yang disusun oleh Dorna Sports, Federasi Balap Motor Internasional (FIM), IRTA, dan otoritas tuan rumah, guna mencegah penyebaran Covid-19.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, sempat berharap mulai meredanya pandemi Covid-19 di negara-negara penyelanggara yang terletak di Eropa, memungkinkan balapan dihadiri penggemar. Harapan tersebut akhirnya terkabul berkat inisiatif dari Pemerintah Wilayah Emilia-Romagna, Italia.

Baca juga: 5 Pembalap MotoGP Peraih Kemenangan Terbanyak di Musim Debut

Valentino Rossi melaju di Sirkuit Automotodrom Brno (Foto: MotoGP)

Seri keenam dan ketujuh yang digelar di Sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli dipastikan dapat dihadiri penonton dalam jumlah terbatas. Namun, jumlah penonton akan dibatasi menjadi 10 ribu orang saja per hari dari kapasitas tribun yang mencapai 40 ribu.

Kabar baik tersebut jelas disambut dengan terbuka oleh Valentino Rossi. The Doctor mengaku tidak bisa membayangkan bagaimana Misano tanpa kehadiran penonton. Sebab, atmosfer balap di sirkuit tersebut, yang diciptakan oleh para penonton, sungguh memacu adrenalin.

“Anda tidak bisa membayangkan Misano tanpa penggemar. Itu adalah tempat kami dan mereka mendorong dengan segala upaya agar bisa menggelar dua seri di sana, karena itu adalah ajang yang bagus,” ujar Valentino Rossi, sebagaimana dilansir dari Corse di Moto, Jumat (14/8/2020).

Juara dunia MotoGP tujuh kali itu jelas gembira. Betapa tidak, Misano hanya sepelemparan batu dari kampung halamannya, Tavullia. Pembukaan sirkuit untuk penonton, sekali pun dengan jumlah terbatas, membuat para suporter VR46 akan memadati tribun.

“Tavullia dan semua kota yang berdekatan sangat tidak sabar menantikan dua balapan itu. Sepertinya hanya akan ada 10 ribu orang setiap hari, dan bahkan jika tidak penuh, akan tercipta atmosfer yang bagus, tidak seperti sepi penonon. Ini adalah pertanda bagus untuk segera kembali normal,” sambung pria berusia 41 tahun itu.

Kehadiran penonton memang penting bagi Valentino Rossi. Pada MotoGP Andalusia 2020, ia terlihat melakukan selebrasi dengan menaiki pembatas dan berteriak ke arah tribun. Vale mengaku ingin membagikan momen itu bersama para pendukung, yang sayangnya tidak bisa hadir.

Walau dipastikan dapat dihadiri penonton, pihak penyelenggara akan memberlakukan protokol ketat. Setiap penonton harus menyertakan identitas lengkap agar mudah dalam pelacakan jika terjadi penyebaran Covid-19 akibat balapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini