Honda Terpuruk saat Marquez Absen, Pirro Pertanyakan Peran Pembalap Lain

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 38 2261041 honda-terpuruk-saat-marquez-absen-pirro-pertanyakan-peran-pembalap-lain-1TsYFpot1W.jpg Alex Marquez dan Marc Marquez. (Foto: Laman resmi MotoGP)

SPIELBERG – Test rider atau pembalap penguji Ducati, Michele Pirro, mempertanyakan peran pembalap lain yang dimiliki Honda. Sebab, mereka tampak begitu terpuruk saat tak bisa menghadirkan Marc Marquez di beberapa balapan.

Honda memang harus menelan pil pahit di awal musim MotoGP 2020. Tanpa adanya Marquez, mereka tak bisa bersaing untuk memperebutkan podium, apalagi kemenangan. Hal itu setidaknya sudah terlihat di tiga balapan beruntun musim ini.

Marc Marquez

Marquez sendiri diketahui sudah absen di dua balapan MotoGP 2020, yakni pada seri Andalusia dan Republik Ceko. Hal itu terjadi karena The Baby Alien –julukan Marquez– kini tengah didera cedera pada lengan kanannya.

BACA JUGA: Marquez Absen, Ini 5 Calon Pemenang MotoGP Austria 2020

Ia mengalami patah tulang setelah terjatuh dan terpelanting ke gravel pada balapan seri perdana MotoGP 2020. Meski telah menjalani operasi, kondisi Marquez diketahui belum sepenuhnya prima untuk menjalani balapan.

Kondisi yang buruk ini pun diperkirakan akan terus berlanjut ke dua seri lain di MotoGP 2020. Sebab, Marquez diprediksi akan absen di seri keempat dan kelima yang akan berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Mendapati kondisi ini, Pirro pun mempertanyakan peran pembalap lain yang dimiliki Honda. Sebab, seperti tim-tim pada umumnya, saat satu pembalap tak hadir, mereka masih bisa mengandalkan jasa pembalap lain.

Tetapi, Honda tampaknya tak bisa melakukan hal itu. Rekan setim Marquez sekaligus adik kandungnya, yakni Alex Marquez, tampak masih kesulitan beradaptasi di MotoGP sehingga hasil yang kurang apik terus diraih.

Alex Marquez

Selama Marquez absen, hasil terbaik yang didapat Alex hanyalah finis di urutan kedelapan yang terjadi pada MotoGP Andalusia 2020. Kemudian di tim satelit, dua pembalap Honda, yakni Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami, juga tak mampu naik podium sejauh ini. Begitu juga pada test rider mereka yang ditapuk menggantikan Marquez, yakni Stefan Bradl, yang tampil minor di Ceko.

“Marc Marquez adalah fenomena. Tapi, saya ingin mengajukan pertanyaan tanpa ingin menjadi provokatif, di mana semua pembalap lain yang dimiliki Honda?” ujar Pirro, sebagaimana dikutip dari GP One, Rabu (12/8/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini