5 Atlet Muslim yang Sukses Besar di Dunia Olahraga

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 43 2256679 5-atlet-muslim-yang-sukses-besar-di-dunia-olahraga-eXoxsJDDfP.jpg Muhammad Ali (Foto: Zimbio)

DUNIA olarharaga memang tidak memandang ras dan agama bagi atlet untuk bisa meraih kesuksesannya. Namun tidak bisa dipungkiri sebagai seorang Muslim, sangat menarik untuk menyimak prestasi atlet-atlet beragama Islam di kancah internasional.

Terlebih sepanjang sejarah ini, terdapat cukup banyak atlet-atlet Muslim yang bisa mencatatkan tinta emas dalam perjalanan karier di cabang olahraga mereka masing-masing. Maka dari itu, kami pun coba merangkum lima atlet musim yang berhasil meraih kesuksesan besar di dunia olahraga.

Berikut lima atlet Muslim yang sukses besar di dunia olahraga sepanjang sejarah:

5. Zinedine Zidane (Sepakbola)

Zinedine Zidane

Sejak masih aktif sebagai pesepakbola profesional, Zidane memang menyangdang status sebagai salah satu terbaik yang pernah menghiasi sejarah sepakbola. Kemampuan teknik yang di atas rata-rata membuat banyak orang seakan-akan terhipnotis dengan aksi Zidane. Sebagai pemain, Zidane berhasil melalui perjalanan kariernya dengan sangat manis.

Sejumlah prestasi pun berhasil didapatkan Zidane baik di level klub ataupun bersama tim nasional (Timnas) Prancis. Seusai pensiun, Zidane pun mulai menekuni sebagai pelatih. Karier kepelatihan Zidane juga berhasil dilaluinya dengan luar biasa. Ya, Zidane jadi aktor di balik keberhasilan Real Madrid menjuarai tiga Liga Champions secara beruntun.

4. Shaquille O’Neal (Basket)

Shaquille ONeal

Bagi para pecinta kompetisi basket NBA, nama O’Neal memang sangat tidak asing terdengar. Terlebih, O’Neal sendiri memang merupakan salah satu pebasket legenda dengan prestasi segudang selama tampil di kompetisi tersebut.

Ya, O’Neal memulai karier profesionalnya di NBA dengan membela Orlando Magic. Namun karier O’Neal sebagai pebasket benar-benar berada puncaknya kala memperkuat LA Lakers. Ya, bersama Lakers, O’Neal berhasil merengkuh tiga titel juara NBA.

3. Kareem Abdul-Jabar (Basket)

Kareem Abdul-Jabar

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa ia seorang muslim. Pria jangkung ini adalah seorang muallaf. Pemilik nama asli Lew Alcindor ini mulai memeluk agama islam pada tahu 1971. Kareem Abdul-Jabbar menjalani karier sebagai pemain NBA selama 20 tahun terhitung sejak tahun 1969 hingga 1989.

Prestasinya sungguh luar biasa. Ia adalah pemilik lima gelar MVP dan perengkuh lima gelar titel juara NBA selama berkostum LA Lakers. Ia juga hingga kini masih berstatus sebagai pencetak skor terbanyak sepanjang masa dalam ajang NBA dengan perolehan poin 38.387.

2. Mike Tyson (Tinju)

Mike Tyson

Reputasi Tyson sebagai seorang petinju memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan bagi orang-orang yang tidak suka tinju, mereka tetap mengenal sosok Tyson. Hal tersebut memang tidak begitu mengejutkan, mengingat Tyson adalah salah satu petinju tersukses sepanjang sejarah.

Ya, Tyson mengawali kariernya di ring tinju ketika masih berusia 18 tahun. Sejak saat itu, Tyson pun berhasil meraih beragam prestasi gemilang di olahraga tinju, termasuk menjadi gelar juara dunia kelas berat di dua asosiasi berbeda, yakni WBA dan WBC.

1. Muhammad Ali (Tinju)

Muhammad Ali

Sama seperti Tyson, popularitas Ali sebagai petinju memang sungguh luar biasa. Tidak sedikit orang-orang yang tidak mengetahui tinju, namun mengenal siapa Ali. Terlebih, Ali sendiri memang merupakan petinju legendaris dengan sarat prestasi.

Ali sendiri memulai kariernya di dunia tinju pada 29 Oktober 1960. Sejak saat itu, prestasi Ali sebagai petinju dunia pun kian meningkat tajam. Ali pun berhasil menyabet sejumlah prestasi seperti gelar juara dunia kelas berat, hingga petinju terbaik dalam satu dekade.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini