5 Atlet Muslim yang Miliki Pengaruh Besar di Dunia Olahraga

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 43 2255691 5-atlet-muslim-yang-miliki-pengaruh-besar-di-dunia-olahraga-LITTjznOta.jpg Khabib Nurmagomedov taat beribadah (Foto: Russia Today)

KESEMPATAN yang setara membuat semua atlet di seluruh dunia, dari latar belakang apapun, untuk berprestasi. Apalagi, dunia olahraga sering menembus sekat-sekat yang justru diciptakan oleh manusia sendiri untuk membeda-bedakan diri dengan sesama.

Atas dasar itu pula, sejumlah atlet Muslim dapat menunjukkan prestasinya di arena masing-masing. Tanpa adanya nilai-nilai sportivitas pada dunia olahraga, hal itu sulit untuk terjadi. Apalagi, beberapa di antara atlet Muslim itu kini memiliki pengaruh yang luar biasa di dunia.

Baca juga: 4 Atlet yang Temukan Ketenangan Usai Menjadi Mualaf

Berikut adalah deretan atlet Muslim yang berpengaruh di dunia, seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Minggu (2/8/2020).

5. Khabib Nurmagomedov

Petarung bela diri campuran (MMA) ini dikenal sebagai seorang Muslim yang taat. Betapa tidak, Khabib Nurmagomedov selalu mengambil cuti sementara pada bulan suci Ramadhan. Ia ingin fokus menjalani ibadah, dan baru akan kembali bertarung setelah Idul Adha.

Ketaatan itu membuahkan pujian dari seluruh dunia. Apalagi, Khabib Nurmagomedov pernah dengan lantang membela latar belakangnya ketika diejek oleh Conor McGregor pada 2018. Kedisiplinan berlatih dan beribadah, menjadikan Khabib Nurmagomedov sebagai salah satu petarung elite di MMA.

Kareem Abdul Jabbar pernah menerima medali kehormatan

4. Kareem Abdul Jabbar

Nama Kareem Abdul Jabbar berkibar di kancah bola basket NBA. Deretan prestasi membuat Kareem Abdul Jabbar mendapat kehormatan masuk Hall of Fame. Salah satunya adalah enam kali mengoleksi cincin juara NBA pada dekade 1970-1980.

Pengaruh luar biasa pria berusia 73 tahun itu juga membuatnya mendapat sejumlah penghargaan di luar NBA. Pada 2012, Kareem Abdul Jabbar diangkat sebagai duta besar budaya Amerika Serikat (AS) oleh Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. Sedangkan pada 2016, ia mendapat medali kehormatan dari Presiden Barack Obama.

3. Taufik Hidayat

Pebulu tangkis berkebangsaan Indonesia ini adalah salah satu yang dihormati pada olahraga tepok bulu. Taufik Hidayat nyaris selalu mendapatkan gelar juara di setiap turnamen yang diikuti, mulai dari SEA Games, Asian Games, Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, hingga Olimpiade.

Pada masa jayanya, Taufik Hidayat sempat dianggap sebagai pemain tunggal putra terbaik Indonesia, bahkan dunia. Setelah pensiun, pria berusia 38 tahun itu membangun pusat pelatihan yang diberi nama Taufik Hidayat Arena (THA) di Ciracas, Jakarta Timur.

2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane memiliki sederet prestasi di dunia olahraga (Foto: Real Madrid)

Dari dunia sepakbola, nama Zinedine Zidane tidak bisa ditinggalkan begitu saja dalam daftar atlet Muslim paling berpengaruh. Pria yang akrab disapa Zizou itu menorehkan sederet prestasi, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Pria berdarah Aljazair itu pernah menyabet seluruh gelar juara, sebut saja Piala Dunia dan Piala Eropa, bersama Tim Nasional (Timnas) Prancis. Kiprahnya kini berlanjut sebagai pelatih dengan mengantarkan Real Madrid sebagai kampiun Liga Spanyol dan Champions.

1. Muhammad Ali

Bicara soal atlet Muslim paling berpengaruh, tidak bisa dilepaskan dari sosok Muhammad Ali. Pria yang terlahir dengan nama Cassius Clay ini sanggup menginspirasi seluruh penduduk di dunia karena prestasinya. Ia mencatatkan rekor 56 kali menang dengan 37 di antaranya lewat TKO semasa masih aktif.

Muhammad Ali dan putrinya Laila (Foto: AFP)

Di luar catatan pertarungan, Muhammad Ali pernah merebut medali emas Olimpiade 1960 di Roma, Italia, pada kelas menengah. Salah satu cerita paling terkenal adalah ketika dirinya menolak ikut wajib militer. Ali langsung dikucilkan dan dilarang tampil pada sejumlah kejuaraan.

Simpati masyarakat semakin meluas setelah Ali mengkritik tajam keterlibatan negaranya, Amerika Serikat (AS), pada Perang Vietnam. Belum lagi, ia dikenal sebagai pejuang melawan diskriminasi ras terhadap kulit hitam serta masyarakat keturunan Afrika.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini