Poncharal Menyesal Miguel Oliveira Tumbang di Tikungan Pertama

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 03:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 38 2254223 poncharal-menyesal-miguel-oliveira-tumbang-di-tikungan-pertama-jT1XOSAyC7.jpg Miguel Oliveira (Foto: MotoGP)

BORMES LES MIMOSAS – Bos KTM Tech3, Herve Poncharal, merasa sangat kecewa karena pembalapnya, Miguel Oliveira, gagal finis di MotoGP Andalusia 2020. Ironisnya, Oliverira harus gugur tak lama setelah balapan dimulai.

Poncharal sebenarnya memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap Oliveira dalam balapan kedua di Sirkuit Jerez tersebut. Sebab, Oliveira menampilkan performa apik selama sesi latihan bebas hingga ia bisa start dari posisi kelima.

Kendati demikian, harus disayangkan karena sesaat setelah start, Oliveira terjebak di antara para pembalap lain. Begitu memasuki tikungan pertama, Oliveira pun dibuat tidak seimbang lantaran ia disenggol oleh pembalap pabrikan KTM, Brad Binder.

Baca juga: Dovizioso Waspadai Comeback Marquez di MotoGP Republik Ceko 2020

Miguel Oliveira

Pada akhirnya, Oliveira terjatuh ke atas gravel dan tak bisa melanjutkan balapan. Adapun hal yang membuat sakit hati adalah Oliveira terjatuh ketika balapan bahkan belum mencapai 10 detik.

Poncharal pun menyesal terhadap insiden yang didapat Oliveira. Karena menurutnya, pembalap asal Portugal itu seharusnya bisa memiliki balapan yang hebat, bahkan bertarung untuk posisi lima besar.

“Awal mulanya bagus, tapi sayangnya Brad Binder, yang harus menghindari dirinya sendiri, menjatuhkannya. Kami selalu mengatakan bahwa Anda tidak dapat memenangkan balapan di tikungan pertama, tetapi Anda bisa kalah, dan itulah yang terjadi,” sebut Poncharal, seperti dikutip dari Speedweek, Kamis (30/7/2020).

“Ini memalukan karena semua pembalap KTM bekerja dengan baik bersama. Dan kami ingin menunjukkan seberapa besar kemajuan yang telah kami capai. Itu adalah kesempatan bagus untuk membuktikan bahwa KTM mampu memperjuangkan podium," keluh Poncharal.

“Mengingat langkahnya, kami benar-benar tidak jauh dari podium, posisi lima besar akan sangat mungkin. Faktanya adalah bahwa Miguel tersingkir kurang dari 10 detik setelah start. Saya minta maaf kepadanya. Saya sangat menyesal karena dia melakukan pekerjaan yang sangat baik, seperti yang dilakukan tim dan insinyur KTM,” pungkasnya.

Miguel Oliveira

Karena insiden tersebut, Oliveira pun kini tertahan di posisi ke-13 klasemen pembalap dengan raihan delapan poin dari dua seri race yang telah dilombakan. Pada seri perdana, pembalap 25 tahun itu sukses finis di posisi kedelapan.

Dalam balapan MotoGP Andalusia itu, sejatinya terdapat delapan pembalap termasuk Oliveira yang mengalami gagal finis. Penyebabnya pun bermacam-macam, selain karena terjatuh terdapat juga yang tak melanjutkan balapan akibat mengalami kerusakan mesin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini