Share

Absen di MotoGP Spanyol 2020, Rins Berjanji Pulih Secepatnya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 38 2248745 absen-di-motogp-spanyol-2020-rins-berjanji-pulih-secepatnya-ePlsXtWzLZ.jpg Alex Rins absen membalap di MotoGP Spanyol 2020 (Foto: Suzuki Racing)

JEREZ – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, hampir dipastikan batal membalap pada MotoGP Spanyol 2020. Sebab, lelaki asal Spanyol itu mengalami kecelakaan hebat saat menjalani babak kualifikasi pada Sabtu 18 Juli 2020 malam WIB. Kecelakaan itu menyebabkan bahunya mengalami dislokasi.

Hari kedua pekan balapan MotoGP Spanyol 2020 itu memang tidak membawa peruntungan buat Alex Rins. Ia terpaksa mengikuti kualifikasi dari babak pertama karena gagal mencetak waktu kombinasi tercepat dari tiga sesi latihan bebas.

Kans untuk mencetak waktu kombinasi tercepat datang pada sesi latihan bebas tiga (FP3). Sayangnya, laju lambat Marc Marquez menghalangi Alex Rins untuk mencatatkan waktu tercepat. Pembalap bernomor motor 42 itu harus rela mengawali kualifikasi dari sesi pertama.

Baca juga: Cedera Bahu, Alex Rins Dipastikan Absen di MotoGP Spanyol 2020

Alex Rins meninggalkan sirkuit dengan dislokasi bahu (Foto: Twitter/@Rins42)

Kecepatan motor GSX-RR milik Suzuki dengan mudah membawa Alex Rins kepada sesi dua. Namun, nahas kembali menghampiri. Saat sedang melaju kencang untuk menajamkan catatan waktu, pembalap berusia 24 tahun itu kehilangan kendali motornya pada tikungan 11 Sirkuit Jerez-Angel Nieto.

Embusan angin yang kencang dituding menjadi penyebab Alex Rins kesulitan mengendalikan motornya. Kecelakaan itu menyebabkan bahu kanannya bergeser sehingga dinyatakan tidak fit untuk balapan. Meski kecewa, ia bertekad segera bangkit.

“Terkadang Anda menang, terkadang Anda belajar. Karena kecelakaan pada tikungan 11 saat kualifikasi kedua, saya mungkin tidak membalap pada MotoGP Spanyol 2020,” ujar Alex Rins, sebagaimana dikutip dari akun Twitter pribadinya @Rins42, Minggu (19/7/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

“Ini bukan permulaan musim yang saya inginkan. Akan tetapi, saya bisa jamin kami akan bekerja lebih keras dari biasanya untuk segera kembali ke lintasan,” lanjut pembalap kelahiran Barcelona tersebut.

Alex Rins

Dengan jadwal MotoGP 2020 yang padat dan untuk sementara hanya 13 seri, absen pada satu balapan jelas menjadi pukulan berat untuk peluang menjadi juara dunia. Setidaknya, Alex Rins sudah defisit 25 poin dari pemenang lomba MotoGP Spanyol 2020.

Ahli traumatologi MotoGP, Dokter Xavier Mir menuturkan, tim medis harus melakukan tindakan sedasi untuk mengembalikan bahunya ke posisi semula. Tindakan itu jauh lebih menyakitkan dibandingkan patah tulang karena tidak dilakukan lewat operasi bedah.

“Dia mengalami dislokasi pada bahu kanan yang menyebabkan rasa sakit luar biasa. Jadi, setelah rontgen, dia langsung menjalani sedasi untuk mengembalikan bahu ke posisi semula. Tindakan itu lebih menyakitkan dibandingkan patah tulang,” urai Dokter Xavier Mir, dikutip dari laman resmi MotoGP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini