Share

Rossi Jelaskan Alasan Dirinya Kesulitan di Sesi Latihan Bebas MotoGP Spanyol

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 18 Juli 2020 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 18 38 2248309 rossi-jelaskan-alasan-dirinya-kesulitan-di-sesi-latihan-bebas-motogp-spanyol-abRvvPINH6.jpeg Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (Foto: Twitter @YamahaMotoGP)

JEREZ – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mendapatkan hasil yang kurang memuaskan saat tampil di sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Spanyol 2020, yang berlangsung pada Jumat 17 Juli 2020. Menurut pemaparan Rossi, ia kesulitan tampil baik karena memiliki masalah terhadap temperatur lintasan Sirkuit Jerez.

Seperti yang diketahui pada saat di sesi latihan bebas pertama, Rossi tercatat mampu menjadi pembalap tercepat ke-13. The Doctor –julukan Rossi– mengaku sedikit puas kala itu dengan pencapaiannya tersebut karena hampir mendekati 10 besar di percobaan pertama.

Pada saat sesi latihan bebas pertama berlangsung, Rossi tak mengalami kendala temperatur lintasan di Sirkuit Jerez karena sesi tersebut dihelat pada pagi hari. Namun, semuanya berubah drastis di sesi latihan bebas kedua.

Baca Juga: Rossi Antusias dengan Uniknya Seri Balapan Musim Ini

Valentino Rossi

Pada saat sesi latihan bebas kedua berlangsung agak siangan, cuaca jelas semakin panas dan mempengaruhi kondisi aspal Sirkuit Jerez. Kondisi lintasan yang panas itulah yang menjadi penyebab Rossi pada akhirnya hanya bisa menjadi pembalap tercepat ke-20 saat tampil di sesi latihan bebas kedua MotoGP Spanyol 2020.

Panasnya lintasan membuat Rossi pada akhirnya kesulitan dan membuatnya kehilangan cengkeraman pada ban belakang motor YZR-M1 miliknya. Karena cengkeraman berkurang, kecepatan yang bisa dikeluarkan rider asal Italia itu pun tak bisa maksimal.

Alasan tersebutlah yang pada akhirnya membuat Rossi gagal meraih hasil manis di sesi latihan bebas pertama MotoGP Spanyol 2020. Kecewa jelas dirasakan Rossi karena ia sangat ingin meraih hasil yang bagus.

Follow Berita Okezone di Google News

“Hari ini adalah hari yang sangat sulit untuk saya karena saya selalu gagal untuk melaju dengan cepat. Pada tes pagi hari saya mampu tampil sedikit lebih baik, namun sore harinya kami justru kesulitan,” jelas Rossi, seperti diwartakan Crash, Sabtu (18/7/2020).

“Tampaknya kami selalu kesulitan dengan temperatur dari ban belakang dan cengkeraman ban belakang. Pada saat tampil di pagi hari cuacanya agak sejukan jadi saya bisa mendekati (catatan waktu pembalap tercepat). Namun, sore harinya temperatur tinggi dan saya akhirnya menderita,” tambahnya.

Valentino Rossi

Kini, Rossi hanya berharap kejadian serupa tidak terjadi saat dirinya mengikuti sesi latihan bebas ketiga, keempat dan kualifikasi. Rossi ingin meraih hasil manis pada sesi yang berlangsung pada hari ini, Sabtu (18/7/2020) tersebut.

Semua itu diinginkan Rossi karena ia mau memulai balapan perdana MotoGP 2020 dengan baik. Sebab, ia memang sudah menargetkan posisi podium pada balapan MotoGP Spanyol 2020, yang mana akan berlangsung pada Minggu 19 Juli 2020 malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini