5 Atlet Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Olahraga

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 43 2246081 5-atlet-muslim-paling-berpengaruh-di-dunia-olahraga-53Ht4NJpnl.jpg Mike Tyson. (Foto: Twitter Mike Tyson)

KIPRAH manis atlet-atlet dunia telah membuat sosok mereka menjadi begitu tersohor. Sosok mereka pun kerap kali memiliki pengaruh besar di dunia olahraga karena satu atau dua hal besar yang dilakukan.

Kali ini, Okezone pun akan membahas beberapa atlet Muslim yang memiliki pengaruh besar di dunia olahraga. Atlet-atlet tersebut tentunya berasal dari beragam cabang olahraga (cabor). Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima atlet Muslim paling berpengaruh di dunia olahraga.

5. Shaquille O’Neal

Di urutan kelima, ada nama Shaquille O’Neal. Ia merupakan salah satu pebasket kebanggaan Amerika Serikat karena mampu menorehkan karier manis selama menjalani karier di cabang olahraga tersebut.

Shaquille Oneal

Kiprah O’Neal di dunia basket tentu saja tak perlu diragukan. Selama 19 tahun menggeluti karier di sana, ia telah berhasil mengantongi empat gelar juara NBA, satu medali emas Olimpiade, dan satu medali emas Piala Dunia FIBA.

O’Neal pun menjadi salah satu atlet Muslim berpengaruh di dunia olahraga. Pebasket kelahiran New Jersey 6 Maret 1972 ini sendiri diketahui dibesarkan oleh seorang ibu yang beragama kristen dan ayah tiri yang beragama Islam. O’Neal tak terlalu vokal menyuarakan keyakinannya, tetapi ia menyatakan telah menunaikan ibadah haji.

4. Mike Tyson

Selanjutnya, ada nama Mike Tyson. Petinju asal Amerika Serikat ini tentu saja sudah begitu dikenal oleh masyarakat dunia. Lewat kariernya yang begitu manis di atas ring tinju, namanya kian melambung tinggi hingga membawa sosok Tyson menjadi salah satu atlet Muslim paling berpengaruh di dunia olahraga.

Mike Tyson

Tyson sendiri diketahui mulai memeluk agama Islam pada 1992. Ia menjadi mualaf ketika tengah menjalani hukuman di dalam penjara. Setelah memeluk agama Islam, Tyson pun mengganti namanya menjadi Malik Abdul Aziz.

3. Zinedine Zidane

Selain dari cabor tinju dan basket, atlet Muslim berpengaruh di dunia olahraga juga datang dari dunia sepakbola. Ia adalah Zinedine Zidane. Pengaruh besar mampu ditunjukkan Zidane dalam menekuni karier sebagai pesepakbola. Hal itu dilakukan Zidane baik saat masih menjadi pemain profesional ataupun kini setelah menjadi pelatih.

Zinedine Zidane

Saat menjadi pemain, ia mengantar Prancis meraih gelar juara di Piala Dunia pada 1998 dan kampiun Piala Eropa pada 2000. Kini, saat menjadi pelatih, Zidane menorehkan prestasi yang tak kalah fantastis dengan membawa Real Madrid meraih berbagai gelar juara bergengsi, termasuk Liga Champions pada tiga musim beruntun.

2. Kareem Abdul Jabbar

Di urutan kedua, ada Kareem Abdul Jabbar. Kembali ke dunia basket, sosok Kareem Abdul Jabbar juga memiliki pengaruh besar di dunia olahraga. Ia telah menjadi salah satu pemain kebanggaan Amerika Serikat selama masih berkarier.

Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul-Jabbar sendiri diketahui merupakan seorang mualaf yang mulai memeluk agama Islam pada 1971. Ia memutuskan menjadi mualaf tepat sehari setelah meraih gelar juara NBA bersama Milwaukee Bucks. Keputusan itu dibarengi dengan perubahan namanya dari Lew Alcindor menjadi Kareem Abdul Jabbar.

1. Muhammad Ali

Terakhir, ada nama Muhammad Ali. Ia dikenal sebagai pentinju dengan kemampuan paling dahsyat. Hal itu dibuktikan Ali dengan meraih berbagai kemenangan saat melakoni pertarungan di atas ring tinju semasa kariernya.

Muhammad Ali

Ali sendiri diketahui baru mulai memeluk agama Islam 1964. Setelah menjadi mualaf, petinju kebanggaan Amerika Serikat ini pun langsung mengubah namanya dari Cassius Marcellus Clay menjadi Muhammad Ali.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini