5 Petarung UFC yang Ternyata Seorang Muslim, Ada Nama Khabib Nurmagomedov

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 43 2244760 5-petarung-ufc-yang-ternyata-seorang-muslim-ada-nama-khabib-nurmagomedov-8PwfTeZNNA.jpg Khabib Nurmagomedov. (Foto: IG Khabib)

KHABIB Nurmagomedov adalah salah satu petarung UFC paling terkenal saat ini. Kehebatannya dalam menghabisi lawan-lawannya di atas octagon lantas membuat Khabib saat ini menjadi pemegang dari sabuk kelas ringan UFC.

Akan tetapi, selain kehebatannya dalam hal bertarung seni bela diri campuran (MMA), Khabib juga dikenal karena seorang muslim. Bahkan beberapa kali Khabib sempat memperlihatkan keislamannya ketika tampil di sebuah pertarungan, baik itu sebelum atau sesudah beradu jotos.

Karena itulah Khabib banyak memiliki penggemar yang datang dari kaum sesama muslim. Tapi, tahukah Anda di UFC tak hanya Khabib saja yang beragama islam? Okezone sudah mengumpulkan beberapa nama petarung UFC yang juga seorang muslim seperti Khabib.

Berikut Lima Petarung UFC yang Ternyata Seorang Muslim:

5. Kamaru Usman

Petarung UFC, Kamaru Usman

Kamaru Usman yang akan segera bertanding melawan Jorge Masvidal di UFC 251 adalah salah satu petarung yang beragama islam di ajang tersebut. Petarung asal Nigeria tersebut memiliki nama lengkap Kamarudeen Usman.

Sama seperti Khabib, Usman pun bisa dikatakan sangat hebat di dunia seni bela diri campuran. Tercatat sampai saat ini pria berdarah Nigeria-Amerika Serikat itu masih memegang sabuk kelas welter di ajang UFC tersebut.

Usman memulai debut di ajang UFC pada 2015 silam. Ia yang memiliki dasar bertarung gulat mampu memperkenalkan namanya dengan cepat di UFC hingga menjadi besar seperti sekarang ini.

4. Mairbek Taisumov

Mairbek Taisumov

Mairbek Taisumov adalah petarung muslim lainnya yang tampil di ajang UFC. Kelas yang ia tekuni pun sama seperti Khabib, yakni di kelas ringan. Kehebatan bertarung yang dimiliki oleh Taisumovic terbilang cukup baik, di mana ia mampu mengukir tujuh kemenangan dan baru merasakan dua kekalahan di ajang UFC semenjak debut pada Januari 2014.

Menariknya, ternyata sebelum menekuni seni bela diri campuran itu, Taisumov sempat menjajal karier sebagai pesepakbola. Namun, ia berada di dunia sepakbola hanya sebentar karena lebih tertarik dengan dunia seni bela diri.

3. Belal Muhammad

Belal Muhammad

Belal adalah seorang muslim kelahiran Chicago, Amerika Serikat. Ia bisa berkecimpung di dunia MMA karena merasa tertarik dengan seni bela diri campuran dan merasa tertantang dengan pertarungan bebas seperti halnya UFC.

Belal memulai kariernya di dunia MMA pada 2012 silam dan sempat berhasil memenangkan pertarungan perebutan sabuk kelas welter di ajang Titan FC. Kala itu, Belal sangatlah tanggung hingga memiliki rekor sembilan kemenangan dengan tak terkalahkan sama sekali.

Merasa cukup tangguh, akhirnya Belal mencoba peruntungan di UFC dan menjalani debutnya pada 2016. Sayang, sekalinya terjun di UFC Belal langsung menelan kekalahan. Kini rekor total Belal di MMA pun menjadi 17 kemenangan dan tiga kekalahan.

2. Islam Makhachev

Islam Makhachev

Makhachev adalah salah satu orang yang dekat dengan Khabib. Pemiliki nama lengkap Islam Ramazanovich Makhachev itu pun terbilang sangat jago sampai-sampai rekornya saat ini adalah 18-1 alias 18 kemenangan dan baru satu kali menelan kekalahan.

Makhachev sudah menekuni ilmu bela diri sedari kecil. Namun, kala itu ia tak berniat sama sekali untuk menjadi seorang petarung profesional. Kini, ia yang merupakan mantan juara sambo di Rusia dan Dunia itu pun bertekad menjadi petarung yang hebat di ajang UFC.

1. Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov

Peringkat pertama dalam daftar ini jelas adalah Khabib. Petarung kelahiran asal Dagestan, Rusia itu bahkan bisa dikatakan menjadi petarung muslim paling tersukses di ajang MMA. Hal itu semua bisa terjadi berkat kemampuannya yang sungguh luar biasa ketika sedang bertarung.

Tercatat sampai saat ini Khabib belum pernah terkalahkan sama sekali dari 28 pertarungan yang sudah diikutinya di berbagai ajang MMA. Ke-28 pertarungan itu mampu dibabat habis oleh Khabib dengan kemenangan hingga akhirnya kini ia berhasil menjadi pemegang sabuk kelas ringan di UFC.

Namanya sebagai petarung muslim semakin terkenal semenjak dirinya berhasil mengalahkan bintang UFC, Conor McGregor pada Oktober 2018 silam. Keberhasilan Khabib mengalahkan McGregor membuat nama petarung kelahiran 20 September 1988 itu semakin melambung tinggi.

Hebat dalam hal bertarung, Khabib juga dikenal pintar di bidang akademi. Tercatat namanya berhasil menjadi predikat lulusan terbaik dari Akademi Finansial di Dagestan. Jadi, Khabib seperti paket komplit, jago menggunakan otot dan pandai memakai otaknya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini