Masuknya Pol Espargaro Bisa Beri Dampak Positif bagi Marquez Bersaudara

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 38 2244094 masuknya-pol-espargaro-bisa-beri-dampak-positif-bagi-marquez-bersaudara-zWe98L7xAr.jpg Pol Espargaro (Foto: MotoGP)

MODENA – Dalam beberapa waktu belakangan Repsol Honda santer dikabarkan akan merekrut Pol Espargaro untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Hal ini sontak memunculkan perdebatan. Karena saat ini Repsol Honda telah diisi oleh Marc Marquez dan Alex Marquez.

Kontrak Alex bersama Repsol Honda memang hanya berlaku setahun. Dengan kata lain, merekrut Pol untuk MotoGP 2021 harusnya menjadi sesuatu yang sah-sah saja bagi Repsol Honda. Akan tetapi, hal itu akan dianggap tidak menghargai Alex.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada satu pun seri balapan yang dilangsungkan. Jika Repsol Honda memutuskan menggaet Pol, maka secara tak langsung, mereka mendepak Alex dari tim tanpa memberi kesempatan bagi juara Moto2 2019 itu untuk membuktikan diri terlebih dahulu.

Baca juga: Ada Pedrosa dan Petrucci, KTM Diyakini Cepat Move-on dari Pol Espargaro

Alex Marquez

Menurut mantan pembalap motor grand prixm Luca Cadalora, kondisi tersebut kemungkinan besar akan membuat Marquez merasa terluka. Akan tetapi, Cadalora justru melihat sisi positif jika pada akhirnya Pol benar-benar bergabung dengan Repsol Honda untuk MotoGP 2021.

Jika Pol jadi bergabung, maka kemungkinan Alex akan dikirim ke tim satelit, LCR Honda. Cadalora menilai hal tersebut akan menjadi sesuatu yang bagus bagi duo Marquez. Untuk Alex, ia akan memperoleh banyak pengalaman tanpa harus mendapat tekanan yang terlalu besar.

Meski Alex mampu meraih kejayaan di Moto2, namun MotoGP merupakan dunia yang sama sekali berbeda. Maka dari itu, Cadalora lebih senang melihat Alex untuk belajar dan beradaptasi secara bertahap. Apalagi, usia Alex juga masih cukup muda.

Sementara itu, Marquez juga dinilai akan memperoleh keuntungan. Menurut Cadalora, berada di garasi yang sama dengan saudara kandung sendiri bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi ketika banyak orang akan membanding-bandingkan mereka berdua.

"Jujur, saya tidak berharap apa yang terjadi di Honda. Saya juga bisa berpikir bahwa mungkin Marc menderita keputusan itu (kedatangang Pol menggeser Alex). Akan tetapi, saya tidak melihat itu sebagai pengkhianatan (dari Repsol Honda),” ujar Cadalora, mengutip dari Tutto Motori Web, Jumat (10/7/2020).

“Alex akan mendapatkan pengalaman di Tim LCR dan itu jauh lebih baik baginya. Ini juga akan lebih baik bagi Marc karena memiliki saudara lelaki di dalam garasi yang sama bisa menjadi semakin berat," sambung Cadalora.

Hingga saat ini, Repsol Honda memang belum memberikan pengumuman apa pun terkait Pol. Akan tetapi, Pol sudah dipastikan bakal meninggalkan KTM Red Bull musim depan. Sebab, KTM telah menunjuk Brad Binder dan Miguel Oliveira sebagai pembalap pabrikan mereka untuk MotoGP 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini