5 Atlet dengan Pendapatan Tertinggi 10 Tahun Terakhir, Nomor 1 Capai Rp13 Triliun!

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 43 2241781 5-atlet-dengan-pendapatan-tertinggi-10-tahun-terakhir-nomor-1-capai-rp13-triliun-h5hvLtfDNf.jpg LeBron James. (Foto: Twitter LA Lakers)

PENDAPATAN tinggi yang dikantongi para atlet tersohor di dunia tentu sudah bukan menjadi rahasia publik. Beberapa atlet bahkan bisa mendapat bayaran mencapai triliunan rupiah dari berbagai aktivitasnya dalam menjalani karier di dunia olahraga.

Belum lagi, atlet-atlet kerap kali terlibat penawaran untuk tampil di sebuah acara atau iklan di televisi hingga memberi mereka lebih banyak pundi-pundi uang. Tak heran, kehidupan yang mewah pun dijalani oleh para atlet.

Majalah bisnis dan finansial, yakni Forbes, pun setiap tahunnya merilis penghasilan tinggi atlet-atlet dunia. Pendapatan yang dicatat Forbes biasanya berasal dari gaji, hadiah saat menjalani kompetisi, bonus, sponsor, hingga pendapatan lisensi.

Kali ini, Okezone pun akan membahas atlet-atlet yang mengantongi pendapatan tinggi. Sebagaimana dikutip dari Forbes, Senin (6/7/2020), berikut lima atlet dengan pendapatan tertinggi 10 tahun terakhir.

5. Roger Federer, Rp9,2 Triliun

Di urutan kelima, ada nama petenis bintang, yakni Roger Federer. Jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya, karier Federer saat ini memang bisa dibilang tak terlalu gemilang. Tetapi, petenis asal Swiss itu bisa tetap menuai penghasilan besar.

Roger Federer

Alhasil, namanya pun berada di urutan kelima dalam daftar atlet dengan pendapatan tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Ia tercatat mengantongi pendapatan sebesar USD640 juta atau sekira Rp9,2 triliun. Sebanyak USD300 juta dari pendapatannya didapat dari kesepakatan dengan sponsor, yakni Uniqlo, yang terjalin sejak 2018.

Federer pun menempati posisi teratas daftar penghasilan tertinggi yang dirilis Forbes pada 2020. Bahkan bukan hanya di antara para petenis, tetapi ia juga untuk pertama kalinya menduduki daftar teratas di antara seluruh atlet di dunia.

4. LeBron James, Rp9,8 Triliun

Selanjutnya, ada nama pebasket bintang NBA, LeBron James. Pebasket yang membela Los Angeles Lakers ini  bertengger di urutan keempat dalam daftar atlet berpendapatan tertinggi dalam 10 tahun terakhir.

LeBron James

LeBron tercatat mengantongi pendapatan sebesar USD680 juta atau sekira Rp9,8 triliun. Sebagian besar pendapatannya diketahui didapat dari sponsor. Hal ini telah dialami pebasket asal Amerika Serikat itu selama 16 tahun terakhir. Lewat gaji bermainnya bersama tim, LeBron diketahui mengantongi pendapatan sebesar USD270 juta.

3. Lionel Messi, Rp10,8 Triliun

Urutan ketiga atlet dengan penghasilan tertinggi dalam 10 tahun terakhir diisi oleh pesepakbola bintang Barcelona, Lionel Messi. Penyerang asal Argentina ini tercatat mengantongi pendapatan sebesar USD750 juta atau sekira Rp10,8 triliun.

Lionel Messi

Pendapatan ini dikantongi Messi dari berbagai lini. Tetapi, gaji bermain La Pulga –julukan Messi– bersama Barcelona pada 2019 sendiri diketahui merupakan yang tertinggi dari semua atlet di semua cabang olahraga tim.

2. Cristiano Ronaldo, Rp11,5 Triliun

Posisi kedua atlet dengan pendapatan tertinggi dalam 10 tahun terakhir juga diisi oleh pesepakbola. Ia adalah pemain bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Ia tercatat mengantongi pendapatan sebesar USD800 juta atau sekira Rp11,5 triliun.

Cristiano Ronaldo

Pendapatan fantastis Ronaldo bukan hanya datang dari gajinya sebagai pesepakbola. Ia juga mendapat banyak uang dari sponsor serta endorse. Penyerang asal Portugal itu benar-benar mendapat manfaat dari banyaknya jumlah pengikut di Instagram serta Facebook.

1. Floyd Mayweather, Rp13,2 Triliun

Posisi pertama ditempati oleh mantan petinju, Floyd Mayweather Jr. Ia tercatat mengantongi pendapatan hingga USD915 juta atau sekira Rp915 triliun saat menjalani karier sebagai petinju.

Floyd Mayweather Jr

Mayweather mengantongi lebih dari USD500 juta dalam pertarungannya pada 2015 dan 2017. Pada tahun itu, ia memang menghadapi nama-nama tersohor, seperti petinju ternama Filipina, Manny Pacquiao, dan petarung sensasional UFC, Conor McGregor.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini