Wolff Komentari 2 Hukuman yang Diterima Hamilton di F1 GP Austria 2020

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 37 2242116 wolff-komentari-2-hukuman-yang-diterima-hamilton-di-f1-gp-austria-2020-VXqxw5QNkx.jpg Lewis Hamilton. (Foto: Twitter Mercedes)

SPIELBERG – Bos Tim Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, turut angkat bicara soal hukuman yang diterima salah satu pembalapnya, yakni Lewis Hamilton, di Formula One (F1) GP Austria 2020. Tak hanya satu, ia bahkan diketahui menerima dua hukuman dalam balapan tersebut.

Hukuman pertama didapat Hamilton di awal balapan. Pada 30 menit sebelum balapan dimulai, pihak penyelenggara memutuskan untuk memberi hukuman penalti waktu kepada Hamilton. Hukuman ini pun memengaruhi posisi pembalap asal Inggris itu di garis start.

Lewis Hamilton

Hamilton harus rela memulai balapan dari urutan kelima pada F1 GP Austria 2020. Padahal, ia awalnya memastikan tempat di urutan kedua. Hukuman ini sendiri diberikan karena Hamilton dinilai sengaja tidak memelankan mobil saat bendera kuning dilambaikan pada sesi kualifikasi setelah rekan setimnya, Valteri Bottas, masuk ke gravel.

BACA JUGA: Hamilton Tanggapi 6 Pembalap yang Tak Ikut Aksi Berlutut di F1 GP Austria 2020

Hukuman kedua didapat Hamilton di akhir balapan. Ia kembali diganjar penalti waktu karena melakukan pelanggaran terhadap pembalap Tim Red Bull Racing, yakni Alexander Albon. Akibatnya, Hamilton harus mengubur harapan untuk meraih podium pertamanya di F1 2020.

Juara dunia enam kali F1 itu sejatinya bisa menyelesaikan perlombaan di urutan kedua. Tetapi karena penalti waktu, ia akhirnya harus puas hanya menempati urutan keempat di daftar hasil F1 GP Austria 2020.

Insiden dengan Albon sendiri tepatnya terjadi di lap 61. Kala itu, ban depan Hamilton menyenggol ban belakang Albon yang hendak manuver dari sisi luar di tikungan keempat. Akibatnya, Albon pun tergelincir dan posisinya melorot ke tempat terakhir.

Mendapati kondisi ini, Wolff pun merasa cukup kecewa. Sebab, ia merasa Hamilton sejatinya tak harus menerima hukuman kedua karena insiden yang terjadi bukan sepenuhnya menjadi kesalahan dari pembalapnya.

Jika hal itu tak terjadi, Mercedes pun bisa menempatkan dua pembalapnya di podium. Sebab, Valtteri Bottas diketahui bisa menyelesaikan perlombaan di posisi pertama sehingga meraih kemenangan perdananya di F1 2020.

“Betapa hebatnya balapan bagi para penggemar yang menunggu begitu lama untuk melihat F1 kembali di TV. Selamat untuk Valtteri (Bottas) dan seluruh tim atas kemenangannya. Itu bukan hari yang baik bagi Lewis (Hamilton) yang sangat disayangkan dengan dua hukuman itu,” ujar Wolff, sebagaimana dikutip dari laman resmi Mercedes, Senin (6/7/2020).

Lewis Hamilton

“Penalti grid adalah sesuatu yang harus Anda ambil, tetapi penalti waktu lima detik terasa terlalu keras dari sudut pandang saya. Saya melihat video beberapa kali, Lewis memiliki kunci kemudi penuh di sudut, Albon memiliki trek kiri untuk membuat sudut, jadi menurut saya ini tidak dibenarkan,” lanjutnya.

“Tetapi, saya menyadari bahwa para Steward memiliki pekerjaan yang sangat rumit untuk menghasilkan keputusan yang tepat dan kadang-kadang keputusan itu berlaku untuk Anda, terkadang menentang. Sebagai tim, kami menghadapi beberapa tantangan nyata dengan gearbox kami dalam lomba,” tukas Wolff.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini