FIM Selidiki Dugaan Pelanggaran Pembalap MotoGP saat Jalani Tes Tertutup

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 38 2240573 fim-selidiki-dugaan-pelanggaran-pembalap-motogp-saat-jalani-tes-tertutup-A9oFPO5fvq.jpg Fabio Quartararo. (Foto: Laman resmi MotoGP)

FEDERASI Balap Motor Internasional (FIM) tengah menyelidiki kemungkinan adanya pelanggaran aturan dalam tes tertutup yang dijalani beberapa pembalap MotoGP. Aturan tersebut terkait penggunaan mesin atau beberapa perangkat motor yang dilarang untuk digunakan dalam tes tertutup.

Sebagaimana diwartakan Crash, Jumat (3/7/2020), Stewards MotoGP mendapati adanya dugaan kemungkinan pelanggaran peraturan grand prix FIM yang mencakup pengujian. Meski begitu, tidak disebutkan nama atau kelas pembalap yang diduga melakukan pelanggaran tersebut.

Postingan Fabio Quartararo

Tetapi kabarnya, nama pembalap Petronas Yamaha SRT, yakni Fabio Quartararo, menjadi salah satu yang diselidiki. FIM mencurigai beberapa pembalap telah menggunakan mesin yang dianggap terlalu mirip dengan motor grand prix saat menjalani tes pribadi atau FIM tidak diberi tahu tentang modifikasi mesin yang digunakan dalam pelatihan.

BACA JUGA: Miguel Oliveira Girang Bisa Kembali Bertandem dengan Brad Binder di MotoGP 2021

Meskipun beberapa perubahan keselamatan dapat dilakukan untuk tujuan pelatihan, modifikasi harus diberitahukan kepada Direktur Teknis terlebih dahulu. Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge, pun mengonfirmasi kepada Crash bahwa siapa pun yang berencana berpartisipasi dalam pelatihan di sirkuit harus meminta persetujuan terlebih dahulu terkait motor yang ingin digunakan.

“Dengar pendapat untuk pembalap yang mungkin telah melanggar aturan dijadwalkan berlangsung di GP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez. Ini digelar untuk mendengar dari pihak-pihak terkait dan untuk memberikan waktu lebih lanjut untuk menyelidiki detail,” bunyi pernyataan FIM.

Quartararo sendiri diketahui menggelar latihan tertutup beberapa waktu lalu di Sirkuit Paul Ricard, Prancis. Hal tersebut diketahui dari unggahan pembalap asal Prancis itu di akun Instagram pribadinya.

“20 hari dan kembali berlatih dengan M1 saya,” tulis Quartarro dalam foto yang memperlihatkan dirinya tengah menunggangi motor balap.

Hingga saat ini, bagi Quartararo atau Tim Petronas Yamaha SRT sendiri belum mengomentari spekulasi tersebut. Sejauh ini, kabarnya ada dua pembalap yang sedang diselidiki oleh pihak FIM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini