5 Pemenang Terakhir F1 GP Austria, Bukan Hamilton yang Mendominasi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 37 2239981 5-pemenang-terakhir-f1-gp-austria-bukan-hamilton-yang-mendominasi-qTsAGRuq57.jpg Sirkuit Red Bull Ring. (Foto: Twitter F1)

SPIELBERG – Balapan Formula One (F1) musim 2020 tak lama lagi akhirnya segera bergulir, tepatnya pada Minggu 5 Juli 2020 mendatang di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Tentu kembalinya balapan jet darat itu akan sangat disambut baik oleh para pencinta F1 dan pembalap dari kompetisi tersebut.

Hasil terbaik pun dipastikan bakal menjadi target seluruh para pembalap F1 saat kembali nanti. Sebab menebak siapakah yang bakal menjadi jawara di Sirkuit Red Bull Ring selalu menarik untuk dibicarakan.

Hal itu dikarenakan pembalap sehebat Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) saja baru sekali merasakan podium tertinggi dari Sirkuit Red Bull Ring tersebut. Padahal dalam enam musim terakhir, gelar juara dunia F1 didominasi oleh pembalap asal Inggris itu. Jadi, kira-kira siapa pemenang di F1 GP Austria dalam lima musim terakhir?

Berikut Lima Pemenang Terakhir di F1 GP Austria:

5. F1 GP Austria 2015, Nico Rosberg

Nico Rosberg

Pada musim 2015 silam, Nico Rosberg tampil sangat luar biasa meski hanya bisa menjadi runner-up di F1 2015. Ia tercatat mampu memenangkan enam seri balapan, yang salah satu di antaranya adalah F1 GP Austria.

Kala itu, Rosberg berhasil memenangi duel sengit bersama rekan setimnya, yakni Hamilton. Ia yang mengawali balapan dari posisi kedua mampu menyalip Hamilton dan memenangkan race di Sirkuit Red Bull Ring tersebut. Setahun sebelumnya, Rosberg pun juga berhasil menang di Sirkuit Red Bull Ring.

4. F1 GP Austria 2016, Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Hamilton tercatat baru sekali merasakan kemenangan di Sirkuit Red Bull Ring. Momen tersebut terjadi di F1 GP Austria 2016, di mana ia berhasil mengasapi Kimi Raikkonen dan juga Max Verstappen kala itu.

Hamilton mampu menjadi juara di Red Bull Ring berkat kehebatannya dalam memanfaatkan pole position dan mempertahankan posisi pertama tersebut hingga balapan berakhir. Hal itulah momen satu-satunya Hamilton merasakan kemenangan di Austria.

3. F1 GP Austria 2017, Valttteri Bottas

Valtteri Bottas

Mobil Mercedes lagi-lagi berjaya di Sirkuit Red Bull Ring pada F1 GP Austria 2017. Menariknya, pilot dari jet darat tersebut selalu berubah-ubah. Jika di 2015 Rosberg, lalu 2016 Hamilton, maka di F1 GP Austria 2017 menjadi jatahnya Valtteri Bottas.

Bottas yang baru bergabung dengan Mercedes mampu tampil luar biasa di tahun pertamanya itu, khususnya di GP Austria. Sebab ia mampu menghentikan Sebastian Vettel dan Hamilton yang sangat ingin juara di Sirkuit Red Bull Ring tersebut.

2. F1 GP Austria 2018, Max Verstappen

Max Verstappen

Dominasi mobil Mercedes di Sirkuit Red Bull Ring dalam tiga musim terakhir akhirnya terhenti di F1 GP Austria 2018. Sebab Max Verstappen dari Red Bull Racing mampu menjadi juara baru di lintasan sepanjang 4,326 km tersebut.

Verstappen berhasil memberikan kemenangan untuk tim tuan rumah pada musim 2018 silam. Padahal, lawannya kala itu adalah dua jagoan Ferrari, Raikkonen dan Sebastian Vettel.

1. F1 GP Austria 2019, Max Verstappen

Max Verstappen

Verstappen lagi-lagi kembali unjuk gigi di Sirkuit Red Bull Ring pada F1 musim 2019. Ia yang mengendarai mobil Red Bull bermesinkan Honda itu tampil sangat luar biasa sampai-sampai menjadi bintang di balapan tersebut.

Verstappen bahkan menang dengan memiliki jarak hampir 2,724 detik dari Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) yang finis sebagai runner-up di balapan F1 GP Austria 2019 tersebut. Dengan keberhasilan Verstappen menjuarai Sirkuit Red Bull Ring dalam dua musim terakhir, maka ia jelas patut diperhitungkan pada balapan perdana F1 2020 nanti.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini