Buntut Kasus Doping Iannone, Ezpeleta Beri Saran kepada FIM

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 38 2170481 buntut-kasus-doping-iannone-ezpeleta-beri-saran-kepada-fim-zRih7FntPZ.jpg Andrea Iannone. (Foto: Laman resmi MotoGP)

MADRID – CEO Dorna (Promotor MotoGP), Carmelo Ezpeleta, memberi saran kepada Federasi Balap Motor Internasional (FIM) terkait masalah doping. Ia menilai pihak FIM harus menyerahkan daftar zat terlarang di dunia balap motor kepada Badan Anti-Doping Dunia (WADA) agar ada pemahaman yang sama terkait doping.

Pasalnya, Ezpeleta menilai adanya perbedaan dalam penentuan zat terlarang di dunia balap motor dengan bidang olahraga lainnya. Karena itu, FIM pun harus membuat daftar tersebut dan WADA harus bisa menerimanya.

Penampilan Andrea Iannone di MotoGP 2019

Hal tersebut dinilai Ezpeleta penting untuk dilakukan agar masalah doping tak lagi menimpa para pembalap MotoGP. Baru-baru ini, pembalap Tim Aprilia Gresini, Andrea Iannone, diketahui terseret kasus doping setelah hasil pemeriksaan urine di MotoGP Malaysia 2019 menyatakannya positif menggunakan zat terlarang.

BACA JUGA: Soal Kasus Doping Iannone, Promotor MotoGP Beri Pembelaan

Iannone sendiri telah menepis hal tersebut. Pihak sang pembalap menyebut bahwa kandungan zat telarang itu muncul lewat kontaminasi daging yang dimakannya sata berada di Malaysia. Tetapi, hingga kini sang pembalap masih menerima hukuman berupa larangan membalap di ajang apa pun.

“FIM harus memberikan daftar zat terlarang dalam dunia motor dan WADA harus menerimanya. Menurut pendapat saya, FIM harusnya memiliki daftar zat terlarang dalam dunia balap motor dan bukan daftar yang sama seperti dalam atletik misalnya,” ujar Iannone, sebagaimana dikutip dari GP One, Selasa (18/2/2020).

“Saya ingin ada daftar ini dan WADA menerimanya. Karena itu, saya menunggu untuk melihat keputusannya. Tetapi, menurut saya, tidak ada yang bersalah sampai kesalahannya terbukti,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini