nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Momen Terakhir saat Indonesia Juara Piala Thomas

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 12:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 19 40 2143779 5-momen-terakhir-saat-indonesia-juara-piala-thomas-jJrO0WAwmA.jpg Indonesia terakhir kali raih Piala Thomas pada 2002 (Foto: Ist)

INDONESIA meraih satu gelar juara dari ajang BWF World Tour Final 2019 kemarin lewat pasangan ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Ajang tersebut sekaligus sebagai penutup turnamen BWF Super Series tahun ini.

Meski begitu, para pebulu tangkis andalan Indonesia dipastikan bakal memiliki jadwal padat pada 2020 nanti. Sebab, akan ada cukup banyak ajang bergengsi seperti Thomas & Uber Cup 2020, bahkan hingga Olympic 2020.

Thomas & Uber Cup sendiri akan berlangsung di Aarhus, Denmark pada 19-24 Mei 2020. Melihat dari performa cukup menjanjikan dari para pebulu tangkis Indonesia saat ini, Piala Thomas sepertinya memiliki peluang besar untuk kembali ke Tanah Air.

Kali ini, Okezone akan membahas mengenai lima momen terakhir saat Indonesia berhasil menjuara Piala Thomas.

5. Indonesia 3-0 Malaysia (1994)

Piala Thomas 1994

Indonesia pernah merajai ajang Piala Thomas dengan meraih gelar juara lima kali berturut-turut pada 1994 hingga 2002. Kala itu, Indonesia memang bisa dikatakan sangat mendominasi bahkan berhasil menumbangkan Malaysia 3-0 di partai final.

Haryanto Arbi yang turun di partai pembuka sebagai tunggal putra pertama membuka keunggulan Tim Merah Putih dengan menumbangkan pemain Malaysia, Rashid Sidek. Sementara di dua partai lainnya, Indonesia mendulang poin dari pasangan ganda putra Rudy Gunawan/Bambang Suprianto dan tunggal putra Ardy B. Wiranata.

4. Indonesia 5-0 Denmark (1996)

Piala Thomas 1996

Kejayaan Indonesia di ajang Piala Thomas masih berlanjut pada 1996. Kala itu, wakil Merah Putih berhasil menumbangkan Denmark di partai final. Kemenangan tersebut membuat Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara yang mereka raih pada edisi sebelumnya.

Tidak tanggung-tanggung, Indonesia bahkan berhasil mengalahkan Denmark dengan skor cukup telah yakni 5-0.

3. Indonesia 3-2 Malaysia (1998)

Piala Thomas 1998

Persaingan antara Indonesia dan Malaysia kembali terjadi di ajang Piala Thomas pada 1998. Kala itu, kedua negara serumpun sama-sama berhasil melaju ke partai puncak usai mengalahkan lawan mereka masing-masing di babak semifinal.

Wakil Indonesia tampil apik dengan menumbangkan China 3-2. Sementara Malaysia mengatasi perlawanan Denmark dengan skor serupa, 3-2. Akan tetapi, wakil Indonesia kemudian tampil lebih baik di partai final sekaligus membawa pulang kembali Piala Thomas ke Tanah Air.

2. Indonesia 3-0 China (2000)

Piala Thomas 2000

Tidak hanya Malaysia dan Denmark, China juga sempat menjadi korban Indonesia di laga final. Hal itu terjadi pada Piala Thomas 2000 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Tampil apik dengan menumbangkan Denmark 3-2 di semifinal, wakil Indonesia kemudian melanjutkan tren positif dengan menang tiga partai langsung atas China di partai puncak.

Nama-nama seperti Hendrawan, Taufik Hidayat, Tony Gunawan/Rexy Mainaky, Candra Wijaya/Sigit Budiarto juga Marlev Mainaky yang berada dalam skuad Indonesia kala itu.

1. Indonesia 3-2 Malaysia (2002)

Piala Thomas 2002

Indonesia terakhir kali berhasil meraih Piala Thomas pada 2002. Kala itu, Tim Merah putih berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 3-2. Indonesia sempat tertinggal lebih dulu setelah Marleve Mainaky yang turun sebagai tunggal putra pertama dikalahkan wakil Malaysia, Wong Choong Hann.

Akan tetapi, Indonesia kemudian bangkit lewat pasangan Candra Wijaya/Sigit Budiarto yang berhasil menyamakan kedudukan di partai kedua. Persaingan ketat terus terjadi saat Malaysia kembali berbalik unggul di partai ketiga.

Beruntung, Indonesia berhasil meraih dua kemenangan di dua laga terakhir lewat ganda putra Halim Haryanto/ Tri Kusharyanto dan tunggal putra Hendrawan.

1
5
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini