nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jorge Lorenzo Umumkan Pensiun dari MotoGP

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 21:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 14 38 2130030 jorge-lorenzo-umumkan-pensiun-dari-motogp-OsrQpiW1Kc.jpg Pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (Foto: Laman Resmi MotoGP)

VALENCIA – Dalam konferensi pers jelang MotoGP Valencia 2019, rider Repsol Honda, Jorge Lorenzo, memberikan pengumuman bahwa dirinya akan pensiun. Dengan kata lain, gelaran MotoGP Valencia 2019 yang dihelat akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhir yang dilakoni Lorenzo.

Keputusan Lorenzo untuk pensiun tersebut sebenarnya sudah diprediksi oleh sejumlah pihak. Pasalnya, sepanjang Kejuaraan Dunia MotoGP 2019 berlangsung, Lorenzo tak pernah menampilkan performa yang memuaskan. Bisa dibilang, Lorenzo kesulitan untuk bisa tampil kompetitif dan ia juga tak kunjung bugar usai mengalami kecelakaan.

Baca juga: Marquez Ingin Bantu Honda Raih Triple Crown di Valencia

Jorge Lorenzo melaju di lintasan balap

Dari 18 seri balapan yang telah dilangsungkan musim ini, pembalap berjuluk X-Fuera itu belum pernah sekalipun finis di posisi 10 besar. Raihan terbaik yang bisa dicapai Lorenzo adalah finis ke-11 kala melakoni MotoGP Prancis pada pertengahan Mei 2019. Musim balap 2019 pun menjadi musim terburuk bagi Lorenzo sepanjang berkiprah di pentas MotoGP.

“Saya selalu berpikir ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pembalap; balapan pertama Anda, kemenangan pertama, kejuaraan dunia pertama, dan kemudian hari ketika Anda pensiun. Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini mengumumkan bahwa ini hari telah tiba untuk saya,” ungkap Lorenzo dalam konferensi pers yang disiarkan laman resmi MotoGP, Kamis (14/11/2019).

Meski performa Lorenzo saat ini jauh dari ekspektasi, namun juara dunia lima kali itu tetap membidik kemenangan dalam gelaran MotoGP Valencia 2019. Sebagai seorang pembalap, Lorenzo tentunya sadar bahwa hanya ada satu tujuan, yakni kemenangan.

Jorge Lorenzo

“Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP. Tapi saya pikir ini adalah keputusan terbaik karena Honda dan Jorge Lorenzo sama-sama pemenang. Kami harus berjuang untuk menang," tandas Lorenzo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini