Share

5 Pemenang Terakhir MotoGP Valencia, Dominasi Pembalap Spanyol

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 12 November 2019 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 12 38 2128992 5-pemenang-terakhir-motogp-valencia-dominasi-pembalap-spanyol-glgCsUgYZr.jpg Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. (Foto: Twitter MotoGP)

AJANG MotoGP 2019 telah memasuki seri terakhir. Balapan di seri ke-19 ini akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada Minggu 17 November 2019 malam WIB. Meski sejumlah gelar yang diperebutkan musim ini telah menemukan pemiliknya, balapan di seri pamungkas ini tetap dipastikan bakal berjalan seru dan menarik.

Hal tersebut terjadi karena masih ada beberapa target yang harus dicapai para pembalap pada musim ini. Seperti yang dilakukan Ducati serta Honda, mereka mengincar hasil terbaik di MotoGP Valencia 2019 karena tengah bersaing ketat memperebutkan gelar juara tim.

Saat ini, Mission Winnow Ducati dan Repsol Honda memang tengah bersaing ketat di papan klasemen sementara tim MotoGP 2019. Mission Winnow Ducati duduk di puncak klasemen dengan 432 poin, sementara Repsol Honda mengekor di tempat kedua dengan torehan poin terpaut dua angka.

Nama beberapa pembalap pun dijagokan keluar sebagai pemenang pada seri ini. Hal tersebut terjadi karena performa mereka yang tengah apik ataupun lantaran berhasil menorehkan hasil manis di seri tersebut pada musim-musim sebelumnya. Sebelum mengetahui perjalanan para rider pada akhir pekan ini, mari menilik lima pemenang terakhir di MotoGP Valencia.

5. Marc Marquez

Di urutan kelima, ada nama pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. Juara MotoGP 2019 tersebut pernah merasakan manisnya bertengger di podium pertama Sirkuit Ricardo Tormo pada gelaran 2014.

Marc Marquez

Marquez tampil begitu perkasa di gelaran MotoGP Valencia 2014. Memulai balapan dari urutan kelima, The Baby Alien –julukan Marquez– bisa merangsek ke depan dan terus mempertahankannya hingga garis finis. Ia mencatatkan waktu terbaik dengan 46 menit 39,627 detik.

Kemenangan ini menutup manis perjalanan Marquez yang berhasil menyegel gelar juara pada tahun tersebut. Di podium MotoGP Valencia 2014 sendiri, Marquez ditemani oleh Valentino Rossi dan Dani Pedrosa.

4. Jorge Lorenzo

Selanjutnya, pada 2015, giliran Jorge Lorenzo yang berhasil menjadi kampiun di Grand Prix Valencia. Pembalap berjuluk Por Fuera itu keluar sebagai pemenang setelah finis dengan catatan waktu 45 menit 59,364 detik.

Jorge Lorenzo

Laju Lorenzo untuk merebut kemenangan di MotoGP Valencia 2015 berjalan begitu mulus kala itu. Lorenzo yang kala itu masih bernaung di tim utama Yamaha dapat memulai balapan dengan begitu apik karena mengklaim pole position di grid. Posisi ini dapat terus dipertahankannya, meski mendapat perlawanan sengit dari duo Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Saking ketatnya pertarungan, catatan waktu ketiga pembalap ini pun terpaut begitu tipis. Marquez yang finis di urutan kedua hanya terpaut 0,236 detik dari Lorenzo, sementara Pedrosa terpaut 0,654 detik.

3. Jorge Lorenzo

Tren positif Lorenzo di Sirkuit Ricardo Tormo pun berlanjut ke gelaran MotoGP Valencia 2016. Juara dunia lima kali itu kembali berhasil naik podium pertama di seri ini dengan langkah yang juga begitu mulus.

Jorge Lorenzo

Lorenzo tampil perkasa sejak sesi kualifikasi sehingga bisa mengklaim pole position di grid. Dalam balapan, ia pun bisa terus memimpin hingga menyentuh garis finis dengan catatan waktu 45 menit 54,228 detik.

Di belakangnya, kembali ada pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. Sementara itu, podium ketiga diisi oleh pembalap yang berbeda. Tak lagi Pedrosa, melainkan Andrea Iannone yang kala itu tengah memperkuat Ducati.

2. Dani Pedrosa

Setelah beberapa musim gagal, Dani Pedrosa akhirnya bisa meraih kemenangan di MotoGP Valencia pada gelaran 2017. Ia mengklaim gelar juara setelah finis dengan catatan waktu 46 menit 8,125 detik.

Penampilan Dani Pedrosa

Penampilan Pedrosa begitu impresif kala itu. Ia bisa merengkuh gelar juara saat hanya memulai balapan dari posisi kelima di grid. Tetapi, aksi gemilangnya mampu membawa pembalap berjuluk The Little Spaniard itu merangsek ke depan.

Podium kedua di MotoGP Valencia 2017 sendiri diisi oleh Johann Zarco yang kala itu masih bernaung di tim satelit Yamaha. Sementara itu, podium ketiga diisi oleh rekan setim Pedrosa, Mrc Marquez, yang mencatatkan waktu hingga terpaut 10,861 detik.

1. Andrea Dovizioso

Nama pembalap terakhir yang berhasil memenangi balapan di MotoGP Valencia ialah Andrea Dovizioso. Ia berhasil mengklaim kemenangan setelah melewati balapan yang begitu dramatis di penghujung MotoGP 2018 tersebut.

Penampilan Andrea Dovizioso

Balapan MotoGP Valencia musim lalu harus diwarnai oleh banyak insiden karena hujan deras yang mengguyur Sirkuit Ricardo Tormo di sepanjang balapan. Karena sirkuit licin dan dinilai berbahaya, pihak race direction pun sempat menghentikan balapan sementara.

Tetapi, Dovizioso bisa tetap tampil begitu tangguh dalam kondisi tersebut. Ia pun keluar sebagai yang tercepat setelah finis dengan catatan waktu 24 menit 3,408 detik. Sementara itu, podium kedua diisi oleh Alex Rins (Suzuki) dan podium ketiga ditempati Pol Espargaro (KTM).

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini