nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Wakil Indonesia yang Pernah Juara Makau Open, Ada Nama Taufik Hidayat

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 14:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 29 40 2123114 4-wakil-indonesia-yang-pernah-juara-makau-open-ada-nama-taufik-hidayat-JjbKoivw2x.jpg Taufik Hidayat. (Foto: BWF)

AJANG bulu tangkis Makau Open kembali digelar pada akhir pekan ini, tepatnya mulai Selasa (29/10/2019) hingga Minggu 3 November 2019. Sejumlah pebulu tangkis Indonesia pun turut berlaga di kompetisi berlevel Super 300 tersebut.

Tercatat, ada 11 wakil Tanah Air yang akan berlaga di Makau Open 2019. Di nomor ganda campuran, Indonesia bahkan menurunkan salah satu pasangan terbaiknya, yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Sayangnya, di nomor ganda putra, Indonesia tak memiliki satu pun wakil.

Para wakil tersebut tentu saja diharapkan bisa menuai gelar juara di Makau Open 2019. Sebelum mengetahui perjalanan wakil Indonesia di ajang tersebut, mari menilik para pemain Tanah Air yang sudah pernah meraih gelar juara di Makau Open. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut empat wakil Indonesia yang pernah juara Makau Open.

4. Taufik Hidayat

Salah satu pemain Indonesia yang pernah merasakan manisnya bertengger di podium pertama Makau Open ialah Taufik Hidayat. Ia berhasil menyegel gelar juara di turnamen berlevel Super 300 itu pada 2008.

Taufik Hidayat

Penampilan yang begitu apik memang berhasil disuguhkan juara Olimpiade 2004 pada ajang tersebut. Ia pun menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang bisa merengkuh gelar juara di Makau Open 2008. China mendominasi gelar juara pada tahun tersebut dengan memenangi dua nomor, yakni ganda putri dan ganda campuran.

3. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Selanjutnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga pernah merasakan manisnya naik podium pertama di Makau Open. Tak hanya sekali, mereka bahkan bisa meraih gelar juara dalam tig musim beruntun di ajang tersebut.

Penampilan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow

Tontowi/Liliyana menorehkan prestasi gemilang di Makau Open sejak 2010 hingga 2012. Mereka terus meraih gelar juara. Pada 2010, Owi/Butet –sebutan akrab Tontowi/Liliyana– dipastikan menjadi kampiun setelah menumbangkan rekan senegaranya, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa, dengan skor 21-14 dan 21-18.

Tren positif mereka pun berlanjut ke 2011, di mana Tontowi/Liliyana menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang bisa meraih gelar juara di gelaran Makau Open tahun tersebut. Sementara itu, pada 2012, gelar juara diraih setelah Tontowi/Liliyana menaklukkan rekan senegaranya, Muhammad Rijal/Debby Susanto, dengan skor 21-16, 14-21, dan 21-16.

2. Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja

Catatan manis Indonesia di nomor ganda campuran pada ajang Makau Open pun bisa dilanjutkan oleh pasangan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja. Mereka dapat meraih gelar juara pada gelaran Makau Open 2014.

Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja

Edi/Gloria memastikan diri keluar sebagai jawara setelah bertarung sengit melawan ganda campuran Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Vanessa Neo Yu Yan. Laga diakhiri Edi/Gloria dengan skor 21-15, 29-30, dan 22-20.

Tren positif ini tentu saja diharapkan bisa kembali ditorehkan oleh Gloria. Sebab, ia kembali berlaga di gelaran Makau Open tahun ini, meski tak lagi bersama Edi, melainkan berpasangan dengan Hafiz Faizal.

1. Wahyu Nayaka Arya Pangkayanira/Ade Yusuf Santoso

Terakhir, gelar juara diraih Makau Open juga pernah diraih oleh pasangan ganda putra Indonesia, Wahyu Nayaka Arya Pangkayanira/Ade Yusuf Santoso. Hal tersebut dilakukan Wahyu/Ade pada 2017.

Penampilan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

Wahyu/Ade memastikan diri keluar sebagai jawara Makau Open 2017 setelah menumbangkan wakil Korea Selatan, Kim Won-ho/Seo Seung-jae. Penampilan apik dapat disuguhkan Wahyu/Ade kala itu sehingga bisa memenangkan laga dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-14. Sayangnya, Wahyu/Ade dipastikan tidak bisa mengulang kesuksesannya ke tahun ini. Sebab, mereka absen dari gelaran Makau Open 2019.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini