nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Negara Paling Sukses di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 11 40 2115831 5-negara-paling-sukses-di-kejuaraan-dunia-bulu-tangkis-junior-HRQsn3lD8b.jpg Tim Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019 (Foto: PBSI)

GELARAN Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019 tengah berlangsung di Kazan, Rusia. Saat ini, waik Indonesia masih tampil cukup baik dan tengah berlaga di babak perempatfinal yang dihelat di Kazan Gymnastic Stadium, Jumat (11/10/2019) sore WIB.

Sementara pada nomor beregu, hasil positif juga telah diraih wakil Indonesia dengan menyabet gelar juara usai mengalahkan China dengan skor 3-2 di babak final. Berbicara mengenai Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior, Indonesia ternyata tidak masuk kedalam daftar negara yang paling sering meraih gelar juara pada ajang tersebut.

Berikut, Okezone akan membahas lima negara yang paling sukses di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior.

5. Indonesia

Tim Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019

Meski tampil apik pada ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior Tahun Ini, Indonesia ternyata hanya menempati urutan kelima dalam sebagai negara dengan perolehan medali terbanyak. Sejak dilangsungkan pada 1992 Silam, Tim Merah Putih baru meraih tujuh medali hingga saat ini.

Meskipun begitu, jumlah medali milik Tim Indonesia dipastikan bertambah tahun ini melihat prestasi para pemain muda yang tengah menanjak tajam. Sebagai catatan, Indonesia merupakan unggulan pertama pada ajang kali ini. Dihuni oleh pemain andalan seperti Leo Rolly Carnando, Indah Cahya Sari Jamil, Daniel Marthin, hingga Putri Kusuma Wardani, kekuatan Tim Indonesia cukup ditakuti oleh para negara peserta lainnya.

4. Thailand

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019 (Foto: BWF)

Peringkat keempat dihuni negara Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand. Perolehan medali negara Gajah Putih –julukan Thailand– sejatinya sama dengan yang telah diraih Indonesia, yakni tujuh medali. Kali pertama Thailand meraih gelar juara yakni pada tahun 2009 dengan raihan dua medali.

Sementara pada dua tahun keikutsertaan terakhir, mereka juga sukses meraih dua medali, masing-masing pada 2017 dan 2018.

3. Korea Selatan

Lee Yong Dae

Korea Selatan menjadi negara dengan perolehan medali paling banyak pada edisi 2006 lalu. Mereka memborong sebanyak empat medali pada era tersebut. Lee Yong Dae menjadi salah satu nama yang paling diingat dengan torehan tiga medalinya saat masih turun di level junior. Saat ini, Korea Selatan sendiri menjadi negara dengan perolehan 12 medali.

2. Malaysia

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019

Penampilan Tim Malaysia memang bisa dikatakan kurang begitu impresif pada ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior pada 2019 kali ini. Malaysia bahkan hanya meloloskan tiga wakilnya di babak perempatfinal kali ini.

Akan tetapi, mereka sejatinya punya sejarah cukup baik di ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior. Mereka setidaknya menempati peringkat kedua dengan koleksi 13 medali hingga saat ini.

1. China

 Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019

Bukan hanya di level senior, dominasi China pada olahraga Bulu Tangkis bahkan sudah terlihat di level junior. Terbukti hingga saat ini, mereka selalu memiliki pemain muda berkualitas yang siap bersiang di level dunia.

Hal itu dibuktikan dengan perolehan medali yang berhasil mereka kumpulkan sejak 1992 lalu. Sebanyak 63 medali telah berhasil mereka raih hingga saat ini. Bahkan bukan tidak mungkin jumlah tersebut akan bertambah tahun ini.

1
5
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini