Doohan Beberkan Perbedaan Gaya Balap 3 Rider Honda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 29 September 2019 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 29 38 2110764 doohan-beberkan-perbedaan-gaya-balap-3-rider-honda-9HCF16JwOH.jpg Cal Crutchlow (belakang) dan Jorge Lorenzo punya cara yang berbeda dalam membalap (Foto: Honda Racing Corporation)

SYDNEY – Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, beberapa waktu lalu menyampaikan kritik untuk dua orang pembalap dengan motor Honda RC213V. Menurutnya, selain Marc Marquez, pembalap-pembalap Honda lainnya, termasuk Cal Crutchlow dan Jorge Lorenzo melaju dengan lamban.

Sebagai seorang mantan pembalap Tim Repsol Honda, Mick Doohan, coba memberikan pandangannya. Pria asal Australia itu menuturkan, terdapat perbedaan gaya balap antara ketiga juniornya tersebut yang tentu saja membutuhkan karakter motor berbeda-beda.

Mick Doohan menyebut Marc Marquez adalah pembalap yang agresif (Foto: Honda Racing Corporation)

Baca juga: Puig Sebut Pembalap Honda Selain Marquez Lambat

“Marc adalah seorang pembalap yang agresif, tetapi dalam cara yang sedikit konyol. Sepertinya Jorge Lorenzo ingin motor yang lembut, seperti di Yamaha, dan Cal Crutchlow sedikit lebih agresif,” papar Mick Doohan, dilansir dari Speedweek, Minggu (29/9/2019).

Gaya balap yang berbeda itu kemudian terlihat ketika sedang melaju di lintasan. Dengan motor yang bertenaga besar di trek lurus, Honda RC213V sedikit sulit ketika diajak menikung. Hal itu merupakan konsekuensi dari peningkatan tenaga mesin.

Menurut Mick Doohan, motor terbaik adalah yang mampu memadukan atau menyeimbangkan kedua unsur tersebut, yakni menikung dan cepat. Untuk sementara ini, Marc Marquez mendapat motor yang cukup seimbang sehingga terus menuai hasil bagus.

Mick Doohan mengenal dengan baik tim Honda

“Anda harus mampu mendapatkan perpaduan yang tepat dan Marc mendapatkannya. Motor kerap bergetar kencang dan menyentak ke depan-belakang, tetapi dia mampu mengontrolnya. Cal menikung dengan sikunya dan sering lebih rebah, sementara Jorge lebih suka berbelok dengan posisi lebih tinggi,” pungkas Mick Doohan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini