nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Winglet di Qatar Bikin Hubungan Tim Pabrikan Memburuk

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 00:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 38 2093994 kasus-winglet-di-qatar-bikin-hubungan-tim-pabrikan-memburuk-vcEymzTFRs.jpg Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso (Foto: Laman Resmi MotoGP)

BOLOGNA – Meski sudah terjadi lima bulan lalu, namun kasus winglet Ducati yang tesaji dalam gelaran MotoGP Qatar 2019 nyatanya memiliki imbas hingga sekarang. Pasalnya, sejak saat itu, tim-tim pabrikan tidak lagi melakukan pertemuan untuk melakukan diskusi.

MotoGP Qatar merupakan seri pembuka musim kompetisi 2019, di mana pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, tampil sebagai pemenang. Akan tetapi, kemenangan Dovizioso tersebut diprotes oleh tim-tim pabrikan lainnya lantaran sang pembalap Italia dianggap menggunakan komponen winglet illegal.

Baca juga: Ducati Belum Tentu Juara Dunia jika Tidak Ada Marquez

Andrea Dovizioso saat melaju di lintasan balap

Hal tersebut tentunya langsung menyulut perdebatan. Karena, sebelum menggunakan winglet tersebut, pihak Ducati telah lebih dulu meminta izin kepada Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge. Dengan kata lain, tim-tim yang memperdebatkan penggunaan winglet tersebut maka secara tak langsung mereka meragukan juga putusan yang diambil Direktur Teknis MotoGP.

Persoalan tersebut sebenarnya sudah diakhiri, di mana pihak Ducati dinyatakan tak bersalah. Meski demikian, masih tersimpan luka bagi masing-masing pabrikan sebagai akibat dari persoalan tersebut. Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, tak memungkiri kalau persoalan tersebut membuat hubungan di antara tim pabrikan memburuk.

“Sejak saat itu, tidak ada satu pun pertemuan aliansi pabrikan (MSMA) yang telah dilakukan. Jika pendapat dan penilaian Direktur Teknis MotoGP dipertanyakan, itu akan merusak kita dengan segera. Tidak ada yurisdiksi lagi. Ini memiliki risiko bahwa hasil setiap balapan akan selalu dipertanyakan,” ujar Ciabatti, menyadur dari Speedweek, Selasa (20/8/2019).

Paolo Ciabatti

"Fakta bahwa Honda meragukan keputusan Direktur Teknis, membuat kami juga bertanya-tanya dan memprotes mereka: sayap samping Honda berbahaya dalam pandangan kami. Konstruksi mereka dengan basis yang sangat tipis dapat menyebabkan mereka berubah bentuk,” ucap Manajer Umum Ducati, Gigi Dall’Igna.

1
2

Berita Terkait

MotoGP

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini