nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemenang Terakhir MotoGP Austria, Dominasi Ducati

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 12:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 08 38 2089297 5-pemenang-terakhir-motogp-austria-dominasi-ducati-ig5ZDnOMus.jpg Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. (Foto: Laman resmi MotoGP)

PERLOMBAAN di MotoGP 2019 bakal kembali digelar pada akhir pekan ini. Kali ini, balapan seri ke-11 MotoGP 2019 akan dihelat di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, tepatnya pada Minggu 11 Agustus 2019 malam WIB.

Perlombaan dipastikan bakal berjalan menarik karena balapan di sirkuit ini sendiri baru digelar dalam tiga tahun terakhir. Balapan kembali digelar pada 2016 setelah vakum cukup lama. Balapan terakhir di Sirkuit Red Bull Ring digelar pada 1997. Saat itu, para pembalap masih mentas di kelas 500 cc yang kini setara dengan MotoGP. Sirkuit Red Bull Ring sendiri masih bernama A1-Ring kala itu.

Karena itu, balapan di seri ini sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi, podium pertama selalu diisi oleh pembalap yang berbeda dalam lima tahun terakhir. Tetapi, sebagian besar pembalap yang meraih kemenangan biasanya menunggangi motor Ducati.

Kali ini, Okezone pun akan membahas nama-nama pembalap yang pernah meraih kemenangan di sana. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Kamis (8/8/2019), berikut lima pemenang terakhir MotoGP Austria.

5. Alex Criville

Di urutan kelima, ada nama pembalap legenda, Alex Criville. Ia pernah mencicipi naik podium pertama di sirkuit kebangaan masyarakat Austria itu, tepatnya pada 1996. Kala itu, ia keluar sebagai yang tercepat di Grand Prix (GP) Austria dengan catatan waktu 42 menit 37,024 detik.

Alex Criville pernah naik podium pertama di Austria

Pertarungan yang sengit tersaji di balapan 500 cc GP Austria 1996. Untuk bisa mengklaim kemenangan, Criville harus bersaing ketat dengan rekan setimnya di Repsol Honda, Mick Doohan. Tetapi, Criville tampil lebih tangguh sehingga mencatatkan waktu yang unggul 0,5 detik dari Doohan.

Podium kedua akhirnya ditempati oleh Doohan. Sementara itu, podium ketiga pada balapan kala itu diisi oleh pembalap asal Jepang yang kala itu memperkuat Yamaha, yakni Norifumi Abe.

4. Mick Doohan

Honda kembali berhasil mempertahankan tren posisitnya di Austria pada tahun selanjutnya. Tetapi kali ini, kemenangan diraih lewat aksi Mick Doohan yang keluar sebagai tercepat dengan catatan waktu 41 menit 48,665 detik.

Mick Dohaan pernah naik podium pertama di Austria

Pada musim tersebut, Doohan berhasil tampil lebih apik dari Alex Criville yang akhirnya menyudahi balapan di posisi kelima. Untuk bisa mengklaim kemenangan, Doohan harus bersaing dengan Tadayuki Okada.

Tetapi, Dooha tampil lebih perkasa sehingga mengklaim podium pertama. Okada finis di urutan kedua dengan catatan waktu yang terpaut 22,077 detik dari Doohan. Sementara podium ketiga diisi oleh rider Yamaha, Luca Cadalora.

3. Andrea Iannone

Pada tahun gelaran MotoGP Austria, balapan berhasil dimenangkan oleh Andrea Iannone. Iannone yang kala itu memperkuat tim utama Ducati keluar sebagai yang tercepat setelah mencatatkan waktu terbaik, yakni 39 menit 46,255 detik.

Podium MotoGP Austria 2016

Laju Iannone untuk meraih kemenangan terbilang begitu mulus. Memulai balapan dari pole position, ia bisa mempertahankannya hingga garis finis. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, sekalipun mendapat persaingan ketat dari rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

Dovizioso pun akhirnya bertengger di podium kedua dengan catatan waktu yang terpaut 0,938 detik. Sementara itu, podium ketiga diisi oleh Jorge Lorenzo yang kala itu masih memperkuat Yamaha. Catatan waktunya terpaut 3,389 detik dari Iannone.

2. Andrea Dovizioso

Setahun berikutnya, Ducati kembali dapat melanjutkan kejayaannya di Sirkuit Red Bull Ring. Mereka kembali meraih kemenangan lewat aksi Andrea Dovizioso yang keluar sebagai tercepat dengan catatan waktu 39 menit 43,323 detik.

Podium MotoGP Austria 2017

Penampilan yang impresif ditunjukkan Dovizioso pada balapan tersebut. Alhasil, Desmodovi –julukan Dovizioso– bisa mengalahkan Marc Marquez yang sejatinya memulai balapan dari posisi yang lebih apik darinya.

Marquez yang berhasil merebut pole position pun akhirnya harus puas hanya menyudahi balapan di posisi kedua dengan catatan waktu yang terpaut 0,176 detik dari Dovizioso. Di urutan ketiga, ada rekan setim Marquez, Dani Pedrosa.

1. Jorge Lorenzo

Ducati kembali menunjukkan ketangguhannya saat mentas di Sirkuit Red Bull Ring pada gelaran MotoGP 2018. Pada gelaran MotoGP Austria 2018, kemenangan kembali diraih pembalap Ducati, tetapi kali ini giliran Jorge Lorenzo yang naik podium pertama.

Podium MotoGP Austria 2018

Kemenangan diraih Lorenzo setelah finis dengan catatan waktu 39 menit 40,688 detik. Ia tampil begitu impresif sehingga bisa melewati Marc Marquez dan Andrea Dovizioso yang sejatinya memulai balapan dari posisi lebih apik darinya. Marquez akhirnya hanya finis di urutan kedua dan Dovizioso menempati podium ketiga.

Sayangnya, tren positif Lorenzo di Sirkuit Red Bull Ring tidak bisa dilanjutkan ke tahun ini. Sebab, pembalap berjuluk Por Fuera itu dipastikan absen karena masih menjalani pemulihan dari cedera tulang belakang yang tengah menderanya.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini