Menpora Tinjau Kesiapan PON XX di Papua

Saldi Hermanto, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 23 43 2082743 menpora-tinjau-kesiapan-pon-xx-di-papua-owxqzVSuQw.jpg Menpora Imam Nahrawi meninjau kesiapan venue PON XX di Kabupaten Mimika, Papua (Foto: Saldi Hermanto/Okezone)

TIMIKA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi, melakukan peninjauan persiapan PON XX 2020 di Provinsi Papua, Selasa (23/7/2019). Menpora berkunjung ke Kabupaten Mimika yang merupakan salah satu cluster penyelenggaraan PON Papua.

Usai kunjungannya, Menpora mengatakan dari hasil tinjauannya bahwa venue cabang olahraga yang ada di Mimika terlihat sudah siap untuk menggelar PON 2020 mendatang. Namun, tidak dipungkiri masih ada beberapa venue yang kini dalam proses pembangunan oleh pemerintah setempat.

"Mestinya PON-nya bukan 2020, tapi 2019 kalau lihat persiapannya begini nih. Tapi, PON-nya tidak hanya di Mimika, tapi juga di kabupaten lain," ujar Menpora setelah meninjau GOR Mimika Sport Complex (MSC) yang merupakan venue dari cabang olahraga atletik dan basket di Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (23/7/2019). 

Baca juga: KONI Menilai PON 2 Tahunan Jadi Ajang Pembuktian Atlet Pratama

Pembangunan infrastruktur untuk PON Papua 2020

Ia mengatakan, untuk persiapan PON semua pihak harus melihat secara komprehensif, karena ada banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan baik itu dari segi infrastruktur hingga sumber daya manusia. Bahkan, koordinasi perlu dibangun dengan semua pihak mulai dari daerah hingga ke pusat.

Menpora yakin dan optimis PON di Papua akan terlaksana sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Panitia Besar (PB) PON. Di mana, batas waktu persiapan PON hingga Juni 2020 dan selang waktu dari bulan Juni hingga Oktober akan digunakan untuk evaluasi persiapan yang sudah dilakukan. 

"Saya melihatnya sangat yakin dan optimis PON 2020 itu betul-betul sudah dilaksanakan sesuai dengan jadwal oleh PB PON maupun pemerintah provinsi dan kabupaten di Papua ini," katanya.

Meski dari segi infrastruktur cabang olahraga boleh dibilang sudah siap, namun untuk kelengkapan alat olahraga kini belum dimiliki sejumlah venue. Namun, Menpora mengatakan, akan membantu menggunakan alat-alat olahraga yang digunakan pada saat penyelenggaraan Asian Games, yang mana Kementerian dan Olahraga telah menyalurkan ke masing-masing cabang olahraga. Jika dibutuhkan untuk mendukung terlaksananya PON maka, masing-masing cabang olahraga akan membawanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memastikan pemerintah pusat siap membantu pelaksanaan PON

"Tentu ini sudah menjadi tangungjawab cabang olahraga mulai atletik (PASI), sudah dapat alat juga, nanti digeser kesini," ujar Menpora.

Menpora sebelum ke Mimika, juga telah meninjau kesiapan PON di Merauke dan Jayapura. Hasil tinjauan terkait PON di Papua akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo.

"Ini tentu betul-betul saya laksanakan perintah pak Presiden Jokowi untuk memantau perkembangan detail dari persiapan PON ini," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini