nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Provinsi Papua Barat Juga Resmi Jadi Tuan Rumah PON 2020 Dampingi Provinsi Papua

Chanry Andrew S, Jurnalis · Sabtu 26 Mei 2018 02:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 26 43 1902973 provinsi-papua-barat-juga-resmi-jadi-tuan-rumah-pon-2020-dampingi-provinsi-papua-bvB6zYnGCx.jpg

MANOKWARI - Provinsi Papua Barat akhirnya disepakati secara resmi menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 bersama provinsi Papua.

Kesepakatan tersebut setelah dilakukan penandatanganan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Soedarmo dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, yang disaksikan langsung ketua Umum Koni Pusat Tono Suratman, Wakil Ketua Umum Koni Pusat Soewarno, Kapolda Papua Barat, Pangdam Kasuari dan sejumlah pihak terkait lainnya, di Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat, Jumat 25 Mei 2018.

Hadir pula dalam kesempatan kesepakatan Papua Barat Sebagai tuan rumah PON 2020 itu, antara lain Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya, Kadisorda Papua Yusuf Yambe Yabdi dan sejumlah pengurus KONI Papua dan Papua Barat lainnya.

Pj Gubernur Papua, Soedarmo sebelum penandatanganan kesepakatan mengatakan, dirinya menyetujui dan menyambut baik keinginan pemerintah provinsi Papua Barat agar dilibatkan menjadi tuan rumah PON tahun 2020.

"Tidak panjang lebar lagi kalau sudah ada seperti ini. Prinsipnya administrasi dalam waktu dekat bisa terlaksana sesuai waktu. Kami dari Papua harap dan dorong seluruh panitia agar penyiapan venues tepat waktu.

"Papua dan Papua Barat juga memang harus kompak, jangan pisah. Pelaksanaan PON harus jadi satu antata Provinsi Papua dan Papua Barat. Agar bukan hanya dikenal seluruh masyarakat nusantara tapi juga internasional. Serta banyak keuntungan bukan hanya prestasi olahraga tapi pendapatan lainnya," papar Soedarmo.

Dirinya juga mencontohkan, dari sisi ekonomi dimana akan banyak orang hadir di Tanah Papua diantaranya para atlet dan ofisial. Jadi akan banyak dana yang berputar di Papua dan Papua Barat. Sebagai Penjabat Gubernur sambut baik keinginan dan siap menerima Papua Barat bersama jadi tuan rumah PON ke XX tahun 2020," pungkasnya.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam kesempatan yang sama mengatakan, masyarakat Papua Barat punya kerinduan yang sangat besar agar juga menjadi tuan rumah PON 2020. Untuk itulah bersama pihak terkait telah mengusulkan pada KONI Pusat dan berkomunikasi dengan pemerintah dan KONI Papua.

"Dan terakhir dari musyawarah luar biasa KONI Pusat, kami hadir dan sampaikan juga keinginan masyarakat di Papua Barat. Terutama pecinta olahraga," terangnya.

Dirinya juga mengusulkan agar dalam pelaksanaan PON 2020 nanti, lima cabang olahraga alias Cabor untuk dipertandingkan di Papua Barat, masing-masing cabor Balap motor, Selam, Tenis Meja, Terjun Payung dan Sepak Bola.

"Kita sudah siapkan arenanya untuk cabor yang kita usulkan dipertandingkan di Papua Barat. Balap motor kita sedang bangun arena di Masni, Selam di Raja Ampat dan Sepakbola bisa memakai stadion milik Perseman. Bisa saja ada pool Sepakbola yang digelar di Papua Barat," kata Dominggus Mandacan.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini