nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penampilan Terakhir Valentino Rossi di MotoGP Catalunya, Nomor 2 Paling Buruk

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 12:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 13 38 2065991 5-penampilan-terakhir-valentino-rossi-di-motogp-catalunya-nomor-2-paling-buruk-WDYyt3XzQ0.jpg Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

SETELAH meraih hasil buruk di seri keenam, pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, tengah mempersiapkan diri jelang tampil di seri ketujuh musim ini. Balapan sendiri akan dilangsungkan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, pada Minggu 16 Juni 2019 nanti.

Rossi memiliki peluang untuk menebus hasil negatif yang didapatnya saat mengaspal di Mugello awal Mei kemarin. Pasalnya, pembalap Italia itu tercatat memiliki catatan positif di Sirkuit Catalunya. Dari lima musim terakhir, rekan satu tim Maverick Vinales itu hanya satu kali gagal meraih podium yakni di MotoGP 2017.

Berikut lima penampilan terakhir Valentino Rossi di MotoGP Catalunya.

5. MotoGP Catalunya 2014

Valentino Rossi (MotoGP 2014)

Hasil positif diraih Rossi saat melahap aspal Sirkuit Catalunya di MotoGP 2014. Pembalap 46 itu berhasil meraih podium kedua setelah bersaing ketat dengan dua pembalap Repsol Honda, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Nama pertama keluar sebagai pemenang pada balapan tersebut.

Rossi yang memulai balapan dari posisi kelima mampu bertahan dengan baik di kelompok depan. Sayang, pembalap senior Yamaha itu gagal merebut podium pertama setelah terpaut 0,512 detik dari Marquez.

4. MotoGP Catalunya 2015

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (MotoGP 2015)

Valentino Rossi kembali mengulangi hasil positif di seri Catalunya di MotoGP 2015. Meski kembali gagal finis terdepan, Rossi setidaknya mampu mempertahankan pencapaiannya musim lalu yakni posisi kedua. Kala itu, The Doctor –julukan Rossi– bersaing dengan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo yang berhasil merebut podium pertama.

Di musim ini juga hubungan keduanya sebagai rekan satu tim mulai retak. Rossi dan Lorenzo yang juga bersaing untuk gelar juara dunia sempat terlibat beberapa insiden. Hal ini juga menjadi salah satu alasan hengkangnya Lorenzo ke Ducati satu musim setelahnya.

3. MotoGP Catalunya 2016

Rossi dan Marquez (MotoGP 2016)

Setelah dua musim berturut-turut hanya berada di posisi kedua, Rossi akhirnya kembali meraih podium pertama Catalunya di MotoGP 2016. Pembalap Italia itu memang tampil sangat gemilang kala itu. Bagaimana tidak, Rossi yang memulai balapan dari posisi kelima berhasil mengasapi Marc Marquez di akhir balapan.

Dominasi Yamaha dan Honda juga terjadi di Catalunya kala itu, di mana empat pembalap teratas ditempati masing-masing pabrikan. Marquez di posisi kedua, disusul Dani Pedrosa dan Maverick Vinales di tempat ketiga dan keempat.

4. MotoGP Catalunya 2017

 MotoGP Catalunya 2017

Setelah meraih podium berturut sejak 2013-2016 mengisi podium di Catalunya, Valentino Rossi gagal mengulanginya di musim keempat. Pembalap berjuluk The Doctor itu hanya menempat posisi ketujuh di MotoGP Catalunya 2017.

Hal ini sekaligus menjadi pencapaian terburuk Rossi dalam lima musim terakhir kala mengaspal di Sirkuit Sepanjang 4,6 kilometer tersebut. Hasil negatif ini menyusul catatan buruknya di sesi kualifikasi. Kala itu, catatan waktu yang diraih Rossi hanya mampu membuatnya start dari posisi 13.

5. MotoGP Catalunya 2018

 MotoGP Catalunya 2018

Setelah gagal meraih podium di Catalunya pada MotoGP 2017, Rossi berhasil kembali meraih hasil positif satu musim setelahnya, atau tepatnya di MotoGP 2018. Podium ketiga kala itu menjadi pencapaian terbaiknya usai mengawali balapan dari posisi yang kurang menguntungkan.

Sementara podium pertama milik Jorge Lorenzo yang saat itu berseragam Ducati, dan posisi kedua ditempati pembalap Repsol Honda, Marca Marquez.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini