nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pembalap Terakhir yang Menangi MotoGP Spanyol

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 12:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 02 38 2050540 5-pembalap-terakhir-yang-menangi-motogp-spanyol-GSS00DDeQx.jpg Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez. (Foto: Instagram MotoGP)

AJANG balap motor kasta tertinggi, MotoGP, musim ini telah memasuki seri keempat. Balapan di seri keempat MotoGP 2019 ini akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Minggu 5 Mei 2019 mulai pukul 19.00 WIB.

Nama beberapa pembalap pun dijagokan keluar sebagai pemenang di MotoGP Spanyol 2019. Mulai dari Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, hingga Alex Rins, penampilan mereka menjadi yang paling dinantikan pada seri ini. Mereka dinilai memiliki peluang besar untuk merebut kemenangan pada seri ini lantaran penampilan gemilang dapat ditunjukkan di tiga seri sebelumnya.

Sejauh ini, keempat pembalap itu telah merasakan bertengger di podium. Marquez telah merengkuh satu kemenangan dan satu podium di MotoGP 2019. Begitu juga Dovizioso, ia berhasil memenangkan MotoGP Qatar 2019 dan bertengger di podium ketiga pada MotoGP Argentina 2019.

Sementara Rossi, pembalap gaek Tim Monster Energy Yamaha itu sukses bertengger di podium kedua dalam dua balapan beruntun. Nama terakhir baru saja keluar sebagai pemenang di MotoGP Amerika Serikat 2019.

Dengan kondisi ini, balapan di seri keempat MotoGP 2019 pun dipastikan berjalan seru dan menarik. Semua pihak menebak-nebak, akankah muncul nama baru yang bakal keluar sebagai pemenang di Sirkuit Jerez, atau wajah pemenang masih akan sama seperti musim-musim sebelumnya.

Sebelum mengetahui pemenang pada seri ini, mari menilik pembalap-pembalap yang telah berhasil memenangkan perlombaan di Sirkuit Jerez. Kali ini, Okezone pun akan membahas lima pembalap yang pernah memenangkan seri Spanyol ini. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2019), berikut lima pembalap terakhir yang menangi MotoGP Spanyol.

5. Casey Stoner

Di urutan kelima, ada nama mantan pembalap Tim Repsol Honda, Casey Stoner. Wajah pembalap asal Australia ini pernah bertengger di podium pertama MotoGP Spanyol. Hal itu terjadi pada musim 2012. Kemenangan ini jadi yang pertama dan terakhir kalinya diraih Stoner di Sirkuit Jerez. Sebab, MotoGP 2012 menjadi musim terakhir Stoner mentas di ajang balap motor kasta tertinggi tersebut.

Podium MotoGP Spanyol 2012

Memulai dari posisi kelima, Stoner berhasil tampil gemilang di sepanjang balapan. Ia dapat merebut posisi pembalap di depannya, seperti Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, hingga sang legenda MotoGP, Nicky Hayden.

Alhasil, kemenangan pun akhirnya diraih Stoner setelah menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 45 menit 33.897 detik. Podium kedua diisi oleh Lorenzo yang kala itu masih memperkuat Yamaha. Sementara rekan setim Stoner kala itu, Dani Pedrosa, mengisi podium ketiga.

4. Dani Pedrosa

Stoner bukanlah satu-satunya pembalap Honda yang dapat meraih kemenangan di Sirkuit Jerez. Sebab, Dani Pedrosa juga berhasil merebut kemenangan di sana. Tak hanya sekali, dalam enam tahun terakhir, pembalap berjuluk The Little Spaniard itu dapat merengkuh kemenangan sebanyak dua kali di Sikruit Jerez.

Dani Pedrosa menangi MotoGP Spanyol 2017

Kemenangan pertama diraih Pedrosa pada gelaran MotoGP Spanyol 2013. Memulai balapan dari posisi kedua, Pedrosa bisa terus merangsek ke posisi terdepan dengan melewati pembalap Yamaha, Lorenzo, yang tengah memimpin kala itu. Pedrosa pun keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 45 menit 17,632 detik.

Kemudian, kemenangan kedua di Sirkuit Jerez didapat Pedrosa pada musim 2017. Setelah beberapa musim harus absen menang di MotoGP Spanyol, Pedrosa akhirnya bisa melepas dahaganya pada 2017. Penampilannya memang benar-benar gemilang kala itu karena Pedrosa dapat memulai balapan dari tempat terdepan hingga akhirnya memenangkan balapan dengan catatan waktu 45 menit 26,827 detik.

3. Marc Marquez

Marc Marquez berhasil menambah panjang daftar pembalap Honda yang dapat memenangkan balapan di MotoGP Spanyol. Tak hanya sekali, pembalap berjuluk The Baby Alien itu telah dua kali mencatatkan namanya sebagai pemenangan MotoGP Spanyol. Hal itu terjadi pada musim 2014 dan 2018.

Marc Marquez menangi MotoGP Spanyol 2018

Di MotoGP Spanyol 2014, Marquez memang benar-benar layak meraih kemenangan. Sebab, penampilan tangguh dapat ditunjukkannya sejak sebelum balapan dimulai. Di sesi kualifikasi, ia mencatatkan waktu terbaik sehingga menempati pole position. Posisi ini pun terus dipertahankan Marquez hingga garis finis. Ia menyegel kemenangan dengan catatan waktu 45 menit 24,134 detik.

Empat tahun kemudian, Marquez kembali berhasil menempati podium pertama MotoGP Spanyol. Kemenangan diraih pembalap asal Spanyol itu setelah mencatatkan waktu tercepat, yakni 41 menit 39,678 detik. Kesuksesannya di Sirkuit Jerez turut mengantarkan Marquez keluar sebagai jawara MotoGP pada musim itu.

2. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo juga pernah mencatatkan namanya sebagai pemenang di MotoGP Spanyol. Kemenangan diraih Lorenzo pada musim 2015. Saat itu, Por Fuera –julukan Lorenzo– masih memperkuat tim utama Yamaha.

Jorge Lorenzo

Penampilan impresif telah ditunjukkan Lorenzo sejak sesi kualifikasi. Pembalap asal Spanyol itu pun dapat menempati pole position di MotoGP Spanyol 2015. Posisi ini mampu dipertahankan Lorenzo hingga akhirnya menyentuh garis finis.

Lorenzo dinyatakan keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 44 menit 57,246 detik. Sementara itu, podium kedua diisi oleh Marquez yang catatan waktunya terpaut 5,576 detik dengan Lorenzo. Podium ketiga ditempati rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi.

1. Valentino Rossi

Terakhir, ada nama pembalap gaek MotoGP, Valentino Rossi. Pembalap berjuluk The Doctor itu keluar sebagai pemenangan MotoGP Spanyol pada musim 2016. Kemenangan diraihnya setelah mencatatkan waktu 45 menit 28,834 detik.

Valentino Rossi saat memenangi MotoGP Spanyol 2016

Kemenangan Rossi di MotoGP Spanyol 2016 bukanlah yang pertama kalinya diraih. Ia telah beberapa kali mencatatkan namanya sebagai pemenang di Sirkuit Jerez, yakni pada 2001, 2002, 2003, 2005, 2007, dan 2009.

Setelah enam tahun puasa kemenangan di MotoGP Spanyol, Rossi pun bisa melepas dahaganya pada 2016. Dengan catatan impresif Rossi di Sirkuit Jerez, ia pun berpeluang besar kembali merengkuh kemenangan pada musim ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini