nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marcus/Kevin Klarifikasi Keputusan Kontroversial Wasit saat Hadapi Wakil Jepang

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 27 April 2019 17:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 27 40 2048821 marcus-kevin-klarifikasi-keputusan-kontroversial-wasit-saat-hadapi-wakil-jepang-2qRKmNXInD.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: PBSI)

WUHAN – Laga penuh tensi tinggi terjadi di semifinal ganda putra Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2019. Duel keras tersebut terjadi saat unggulan pertama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bertemu Takeshi Kamura/Keigo Sonoda yang merupakan unggulan ketiga.

Laga yang berlangsung selama tiga set itu berhasil dimenangkan Marcus/Kevin dengan skor 15-21, 21-17, dan 21-15. Tetapi kemenangan Marcus/Kevin sempat menuai kontroversi kala kedua pasangan memainkan laga di set ketiga.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: PBSI)

Pada pertengahan laga set ketiga, momen menegangkan terjadi kala pasangan Jepang merasa dirugikan dengan keputusan wasit. Pasalnya shuttlecock yang dilancarkan Kamura/Sonoda mengenai badan Marcus dan wasit tidak menganggap itu sebagai fault.

Wasit justru menyatakan shuttlecock itu keluar karena meluncur deras ke belakang lapangan walau sempat mengenai badan Marcus terlebih dahulu. Hal itu sontak membuat pasangan Jepang melakukan protes karena shuttlecock mengenai tepat badan Marcus.

Baca juga Tumbangkan Wakil Jepang, Marcus/Kevin ke Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2019

Bahkan melalui tayangan ulang tampak terlihat jelas,shuttlecock mengenai badan Marcus. Kamura yang beberapa kali mengajukan protes keras terhadap wasit tak digubris. Sementara Marcus mengakui shuttlecock mengenai badannya, tetapi wasit tetap kukuh pada keputusannya.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: PBSI)

Wasit tetap menyatakan bola tersebut keluar dan tidak mengenai badan Marcus. Keputusan wasit mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Seusai laga, Marcus/Kevin pun menyatakan permintaan maaf kepada Kamura/Sonoda atas insiden yang berlangsung.

“Marcus/Kevin mengakui bola tadi mengenai badan Marcus tapi keputusan umpire tidak bisa diubah. Usai pertandingan, Marcus/Kevin mengucapkan maaf berkali-kali,” tulis pernyataan resmi PBSI pada Sabtu (27/4/2019).

(Bad)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini