nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lee Yong-Dae Pede Bisa Kembali ke Papan Atas

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 22 April 2019 01:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 21 40 2046184 lee-yong-dae-pede-bisa-kembali-ke-papan-atas-AjoAcOiYiu.jpg Lee Yong-Dae/Kim Gi-Jung (Foto: BWF)

SEOUL – Sejak memutuskan untuk kembali bertanding di dunia bulu tangkis, peringkat Lee Yong-Dae setahap demi setahap pun mulai terangkat. Bersama pasangan lamanya, Kim Gi-Jung, mereka kini menduduki peringkat ke-31 dunia sektor ganda putra.

Perlu diketahui, Lee merupakan mantan pebulu tangkis nomor satu dunia di kategori ganda putra dan ganda campuran. Pada 2016 Lee memutuskan untuk pensiun selepas gelaran Olimpiade Rio De Janiero. Akan tetapi, pada 2018 Lee memutuskan untuk kembali bertanding. Meski kini usia Lee sudah menginjak 30 tahun, namun ia yakin masih kompetitif untuk bisa bersaing di papan atas.

(Baca juga: Indonesia Juga Jadi Lawan yang Diwaspadai China di Piala Sudirman 2019)

Lee Yong Dae/Kim Gi Jung

Saat ini, sektor ganda putra sejatinya dikuasai oleh para pemain muda, seperti Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya dan Li junhui/Liu Yuchen. Meski secara stamina, Lee mengakui kalau dirinya mungkin kalah, namun ia cukup percaya diri dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliknya untuk ikut bersaing di papan atas.

Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya

“Ini bukan karena saya lebih tua, namun karena mereka memiliki energi yang lebih baik. Bagi para pemain tunggal, stamina sangat penting. Akan tetapi, untuk ganda putra, harus ada tingkat keterampilan tertentu dan kemampuan penting lainnya,” terang Lee, melansir dari laman resmi BWF, Senin (22/4/2019).

“Saya mungkin tidak dapat bersaing dengan mereka dalam stamina, namun karena saya memiliki keterampilan tertentu, saya dapat mengikutinya. Umur saya tidak ada hubungannya dengan itu. Saya juga punya banyak pengalaman. Saya sudah berusaha untuk menjaga level saya. Dan jika saya terus bekerja dengan pasangan saya, saya yakin kami akan melakukannya dengan baik," lanjut Lee.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini