nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai 21 Tahun Bela Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki Putuskan Pensiun

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 05:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 10 36 2041792 usai-21-tahun-bela-dallas-mavericks-dirk-nowitzki-putuskan-pensiun-k7EVxVrXM0.jpg Dirk Nowitzki (Foto: USA Today)

DALLAS – Pebasket Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki, memutuskan untuk mengakhiri karier panjangnya di NBA 2018-2019. Nowitzki pensiun setelah 21 tahun membela Mavs –julukan Mavericks– di kompetisi basket paling bergengsi di dunia. Pensiunnya Nowitzki diduga karena rasa sakit pada pergelangan kaki kirinya yang tak kunjung hilang sejak operasi pada tahun lalu.

Keputusan pensiun itu disampaikan Nowitzki setelah Mavericks menaklukkan Phoenix Suns dengan skor akhir 120-109 di American Airlines Center, Rabu 10 April 2019, pagi WIB. Nowitzki tampil apik pada pertandingan itu dengan mencetak 30 poin, delapan rebound dan tiga assist.

Dirk Nowitzki (Foto: Reuters)

Selepas pertandingan, pebasket berusia 40 tahun itu berpidato singkat di hadapan fans Mavericks soal keputusannya pensiun. Nowitzki berterima kasih atas semua dukungan yang telah diterimanya selama ini dari fans. Fans pun menyambut pidato Nowitzki dengan meneriakkan nama pebasket berpaspor Jerman itu yang menambah dramatis momen perpisahannya.

BACA JUGA: Tanpa LeBron James hingga Akhir Musim, Pelatih LA Lakers Buka Suara

“Seperti yang kalian duga, ini adalah pertandingan kandang terakhir saya. Saya telah membuat Anda (ikut) dalam perjalanan yang sangat berat dengan banyak pasang surut dan kalian selalu terjebak dengan saya, mendukung saya serta saya menghargainya,” ujar Nowitzki, seperti yang dikutip dari Firstpost, Kamis (11/4/2019).

Dallas Mavericks (Foto: Reuters)

Momen spesial Nowitzki itu pun dimeriahkan dengan kehadiran ikon NBA lainnya seperti Larry Bird, Charles Barkley, Scottie Pippen dan Detlef Schrempf. Kehadiran mereka menunjukkan betapa hebatnya karier yang dijalani Nowitzki bersama Mavericks.

Prestasi terbaik Nowitzki ialah membawa Mavericks jadi juara NBA 2010-2011. Pada waktu itu, Mavericks mengalahkan Miami Heat dan Nowitzki pun terpilih sebagi Most Valueable Player (MVP) pada final NBA musim tersebut.

Patut disayangkan, Nowitzki tak bisa membawa Mavericks ke babak play-off musim ini. Alhasil, Nowitzki akan melakoni partai terakhirnya dengan seragam Mavericks saat bertandang ke AT&T Center untuk menghadapi San Antonio Spurs, Kamis (11/4/2019), pagi WIB.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini