nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pembalap Asia Tenggara yang Turun di Ajang Grand Prix 2019, Nomor 2 Rider Indonesia

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 22 Februari 2019 12:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 22 38 2021422 4-pembalap-asia-tenggara-yang-turun-di-ajang-grand-prix-2019-nomor-2-rider-indonesia-pIYsZp4WcH.jpg Dimas Ekky Pratama (Foto: Foxsport Asia)

MOTOGP 2019 akan segera tiba. Sejumlah pembalap telah menyiapkan diri untuk menjadi yang terbaik pada musim ini. Daya tarik MotoGP sendiri bahkan telah meluas ke wilayah Asia Tenggara yang tersebar di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Tingginya daya tarik tersebut membuat bakat terpendam para pembalap muncul. Hal itu terbukti dengan hadirnya para pembalap dari Asia Tenggara ikut berkompetisi di ajang grand prix musim ini. Meski tak sebanyak tahun lalu, tetapi para pembalap dari kawasan ini memiliki bakat nyata di motorsport.

Maka dari itu, Okezone akan mencoba membahas para pembalap dari Asia Tenggara yang ikut bersaing di ajang motorsport bergengsi di dunia itu. Berikut empat pembalap Asia Tenggara yang akan tampil di ajang grand prix musim ini.

4. Somkiat Chantra (Thailand – Moto2)

Tak banyak yang tahu soal sosok Somkiat Chantra hingga ia hadir di panggung besar di kelas Moto3 musim lalu. Kini ia menjadi harapan bagi Thailand yang akan tampil debut di ajang Moto2 pada musim ini bersama Idemitsu Honda Team Asia.

Penampilannya yang apik di Moto3 Thailand 2018 membuat namanya disebut-sebut menjadi bintang baru. Pada balapan tersebut ia berhasil mencapai ke posisi sembilan. Namun begitu, ia masih harus banyak belajar untuk terus memperbaiki diri. Sebab banyak pihak memprediksi masa depan pembalap asal Chonburi untuk sangat cerah.

Somkiat Chantra (Foto: Foxsport Asia)

3. Khairul Idham Pawi (Malaysia – Moto2)

Idham Pawi memiliki pengalaman yang cukup pada musim ini. Ia menjadi harapan Malaysia di ajang Moto2 yang merupakan tahun ketiganya pada 2019. Pembalap asal Perak itu telah membalap hampir di sepanjang hidupnya. Salah satu prestasi terbaiknya dengan memenangkan Asian Dream Cup pada 2014.

Setelah dua musim terakhir, peforma Idham Pawi tak begitu membaik, ia tetap diharapkan publik Malaysia untuk tampil gemilang pada musim ini. Apalagi sepanjang musim lalu, ia berhasil mendapatkan satu poin yang diraih di MotoGP Prancis 2018.

Khairul Idham Pawi (Foto: Foxsport Asia)

2. Dimas Ekky Pratama (Indonesia – Moto2)

Musim ini Indonesia akan mendapat perwakilan pembalap yang akan tampil di Moto2. Dia adalah Dimas Ekky Pratama yang memegang harapan besar dari publik Tanah Air. Pembalap asal Depok ini sukses melakoni dua balapan Moto2 musim 2018 di Sirkuit Catalunya, Spanyol dan Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dengan dua penampilan yang cukup mengesankan, Dimas akhirnya mendapat tempat di Moto2 secara permanen pada musim ini. Idemitsu Honda Team Asia pun memberikan tumpangan kepada Dimas dan akan menjadi rekanan duet Somkiat Chantra asal Thailand.

Dimas Ekky Pratama (Foto: Instagram)

1. Hafizh Syahrin (Malaysia – MotoGP)

Pada posisi pertama sudah pasti ada nama Hafizh Syahrin yang memasuki tahun keduanya di kelas MotoGP. Ia menjadi pembalap satu-satunya asal Asia Tenggara yang mentas di kelas premier ajang grand prix.

Setelah mendapatkan tiga podium di Moto2, Syahrin menjadi pembalap Malaysia pertama yang bersaing di MotoGP pada 2018. Ia pun melanjutkan pekerjaan baiknya dan kembali mempertahankan posisinya di MotoGP bersama Tech3.

Setelah musim lalu, Syahrin mengendarai YZR-M1 di bawah naungan Yamaha. Kali ini ia aka mengendarai KTM RC16 dengan warna baru dan menarik. Ia pun terlihat prima dan siap berkompetisi di MotoGP musim ini.

Hafizh Syahrin (Foto: Laman resmi Red Bull KTM Tech 3)

1 / 4
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini