Ini Keunggulan Motor Suzuki versi Ken Kawauchi

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 19 Januari 2019 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 19 38 2006571 ini-keunggulan-motor-suzuki-versi-ken-kawauchi-hzRY0D1XD8.jpg Alex Rins (Foto: Laman Resmi MotoGP)

HAMAMATSU – Manajer Teknis Suzuki Ecstar, Ken Kawauchi, menerangkan bahwa dia dan timnya tengah bekerjas semaksimal mungkin untuk membuat GSX-RR (motor Suzuki) lebih kompetitif pada MotoGP 2019. Kawauchi pun menegaskan sedang berusaha meningkatkan keunggulan GSX-RR dalam hal kecepatan di tikungan, traksi yang baik dan akselerasi saat rpm (rotasi per menit) rendah.

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki GSX-RR itu akan amat menguntungkan bagi pembalapnya, terutama perihal kinerja traksi yang baik. Pasalnya, traksi yang berfungsi secara maksimal akan membuat kondisi ban tetap terjaga hingga akhir balapan.

Alex Rins (Foto: Laman Resmi MotoGP)

Kondisi ban yang terjaga hingga akhir akan membuat pembalap melaju lebih kencang daripada para pesaing lainnya yang gagal melakukan hal itu. Dengan kecepatan yang terjaga dari awal hingga akhir balapan maka pembalap berpeluang besar untuk meraih kemenangan.

BACA JUGA: Miller Ungkap Perlakuan Baik Bos Ducati kepadanya

“Keunggulan kami adalah kecepatan di tikungan, ditambah traksi yang baik pada gas dan akselerasi yang baik saat rpm (rotasi per menit) rendah. Traksi yang baik selalu penting, terutama saat perlombaan. Jika Anda memiliki traksi (yang baik) maka umur ban lebih panjang, karena Anda tidak terlalu banyak menekannya. Jadi Anda tidak merusak ban,” ujar Kawauchi, seperti yang diwartakan Motorsportmagazine, Sabtu (19/1/2019).

Joan Mir (Foto: Laman resmi Suzuki)

Kendati demikian, keunggulan-keunggulan yang dimilik oleh GSX-RR juga harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir. Rins yang telah mengendarai GSX-RR sejak dua musim lalu mungkin tak akan kesulitan untuk mengeluarkan potensi maksimal dari kuda besi Suzuki tersebut. Sementara itu, Mir yang baru menjalani debutnya pada MotoGP 2019 harus beradaptasi dulu dengan GSX-RR agar bisa melaju dengan cepat.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini