nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vinales Ungkap Strategi yang Digunakan Setiap Balapan di MotoGP

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 11:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 12 38 2003495 vinales-ungkap-strategi-yang-digunakan-setiap-balapan-di-motogp-fsivQxnOBl.jpg Maverick Vinales. (Foto: AFP)

LESMO – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, membeberkan strategi yang selalu diterapkannya setiap mentas di ajang MotoGP. Dengan strategi ini, hasil manis pun bisa diraih pembalap berjuluk Top Gun itu.

Vinales mengaku strategi khusus tak hanya diterapkan kala melakoni balapan sesungguhnya, tetapi juga saat tampil di sesi latihan bebas. Hal ini dilakukan agar kondisinya benar-benar fit hingga balapan selesai digelar.

loading...

Vinales Raih Podium Pertama di GP Argentina

Saat melakoni sesi latihan bebas, Vinales mengatakan tak pernah memaksakan dirinya untuk tampil terlalu banyak. Pembalap asal Spanyol itu biasanya hanya melajukan motornya dua atau tiga kali. Ini penting dilakukan agar catatan waktunya tetap baik. Sebab, catatan waktu pembalap pada sesi latihan bebas ini nantinya akan memengaruhi posisi di awal balapan.

BACA JUGA: Vinales Ungkap Efek Positif dari Perubahan Gaya Balapnya

Selain membuat catatan waktu dapat tetap terjaga, hal ini juga dilakukan Vinales agar kondisi tubuhnya dapat tetap bugar. Dengan tampil terlalu banyak, rekan setim Valentino Rossi itu merasa energinya akan terkuras. Alhasil, penampilannya pun berisiko tak optimal saat melakoni balapan sesungguhnya pada Minggu.

Vinales Raih Podium Pertama di GP Argentina

"Anda harus melakukan yang terbaik di setiap sesi. Di waktu yang sama, Anda juga perlu terlibat dalam perburuan waktu. Hal ini terjadi di setiap latihan bebas,” ujar Vinales, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Sabtu (12/1/2019).

“Saya biasanya mencoba untuk tidak melakukan terlalu banyak putaran dalam sesi ini. Saya hanya melakukan dua atau tiga kali putaran. Sebab, jika mengemudi terlalu banyak, Anda akan lelah dan kemudian Anda tidak akan cukup bugar ketika memulai perburuan waktu,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini