nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Legenda MotoGP Ungkap Kunci Utama di Balik Ketangguhan Motor Ducati

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 21:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 38 2003275 legenda-motogp-ungkap-kunci-utama-di-balik-ketangguhan-motor-ducati-iwu2euyQ8y.jpg Andrea Dovizioso. (Foto: AFP)

CLERMONT-FERRAND – Ducati kini dianggap sebagai salah satu pabrikan terkuat di ajang MotoGP. Sebab, mereka sukses menciptakan motor yang begitu kompetitif. Kondisi ini pun diakui oleh seluruh pabrikan di ajang MotoGP. Salah satu legenda balap MotoGP, Christian Sarron, pun membeberkan kunci kesuksesan Ducati dalam menciptakan motor yang kompetitif.

Menurut Sarron, hal ini dapat terjadi berkat kerja keras para kru Ducati. Mereka sukses menciptakan motor yang sesuai dengan sistem perlombaan di ajang MotoGP. Faktor utama di balik kesuksesan ini menurutnya terletak pada bahan bakar. Dengan minimnya konsumsi bahan bakar, motor Ducati berhasil menjadi yang terkuat.

loading...

Lorenzo Tercepat pada Balapan Seri Keenam MotoGP 2018 di Sirkuit Mugello Italia

Kerja sama yang dijalani Ducati dengan pabrikan-pabrikan terkenal di dunia dinilai semakin membantu mereka dalam menciptakan kendaraan yang kompetitif. Karena itu, Sarron sendiri mengaku tak kaget melihat peningkatan pesat yang mampu ditunjukkan Ducati dari musim ke musim. Dalam dua musim beruntun, Ducati bahkan bisa menjadi pesaing terkuat dalam perebutan gelar juara di MotoGP.

BACA JUGA: Duet Pembalap Repsol Honda Dianggap Terkuat, Ini Kata Lorenzo

"Dia lebih unggul karena telah bekerja sangat keras dalam konsumsi bahan bakar. Secara historis, Ducati selalu berkolaborasi dengan produsen mobil besar Italia (seperti Ferrari). Situasi ini tidak berubah dan masih berlangsung karena Ducati adalah bagian dari Grup VAG (Volkswagen) yang mencakup Lamborghini, Audi, Bugatti, dan Porsche,” ujar Sarron, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Jumat (11/1/2019).

Asapi Dovizioso, Baby Alien Tercepat di Sirkuit Buriram Thailand

"Mereka banyak bekerja dan kami melihat performa mengesankan Ducati, tidak hanya dalam kecepatan tertinggi. Bahkan, Ducati selalu memiliki kecepatan final terbaik seperti di Mugello. Tapi, itu bukan kecepatan tertinggi yang Anda cari, akselerasi yang memungkinkan Anda untuk menghabiskan waktu sesedikit mungkin dalam garis lurus. Akselerasi Ducati lebih unggul dari laporan pertama berkat sirip dan geometri sasisnya yang membuatnya sedikit lebih rendah dari yang lain,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini