nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kritik Erdogan, Pebasket NBA Ini Takut Keluar dari AS

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 11:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 11 36 2002979 kritik-erdogan-pebasket-nba-ini-takut-keluar-dari-as-e1MlmWyjhN.jpg Enes Kanter (Foto: Twitter New York Knicks)

NEW YORK – Salah satu pebasket asal Turki, Enes Kanter, mengaku tengah dinaungi rasa khawatir tinggi untuk meninggalkan Amerika Serikat (AS). Hal itu terjadi setelah dirinya mendapatkan ratusan ancaman pembunuhan usai melayangkan kritik kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Beberapa waktu lalu, Kanter memang mengutarakan sebuah pernyataan bernada kritikan terhadap gaya kemimpinan Erdogan selama menjabat sebagai Presiden Turki. Akan tetapi, tak lama setelah melayangkan kritikan kepada Erdogan, Kanter mengklaim dirinya menerima banyak pesan bernada ancaman.

Enes Kanter

Akibat ancaman tersebut, Kanter pun membatalkan rencananya untuk pergi ke London lantaran takut diculik oleh mata-mata Turki yang berada di Inggris. Bagi Kanter, untuk sementara, tempat yang paling aman saat ini hanyalah AS.

Baca Juga: Erdogan Peringatkan Potensi 'Pembantaian Massal' di Idlib Suriah

“Saya sebetulnya ingin pergi ke London, tapi kondisi ini membuat saya sedih karena saya mengkhawatirkan nyawa saya dengan operasi Erdogan dalam sebuah negara asing. Operasi dia sangat terkenal dalam memburu pernyataan orang yang menentang pemerintahan,” ucap Kanter, seperti disadur dari New York Times, Jumat (11/1/2019).

Erdogan

“Ada sekira 100 orang (yang terdiri dari) jurnalis, pemimpin komunitas, dan guru yang bersuara menentang pemerintah (Turki). Mereka diculik dan dikirim kembali ke Turki. Itulah kenapa saya takut pergi ke London,” sambung pebasket yang kini bermain bersama New York Knicks itu.

“Karena sekarang saya merasa seperti orang Amerika Serikat, saya berencana untuk menjadi warga negara Amerika pada 2021. Tetapi untuk sekarang, selain Amerika, saya merasa tidak benar-benar ada tempat aman untuk bepergian ke mana pun di seluruh dunia,” tuntasnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini