nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Strategi Yamaha untuk Kembali Bangkit di MotoGP 2019

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 23:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 07 38 1988274 strategi-yamaha-untuk-kembali-bangkit-di-motogp-2019-tqpCRCpnkt.jpg Tim Movistar Yamaha (Foto: Laman Resmi MotoGP)

LESMO – Bos Yamaha, Lin Jarvis, mengklaim timnya sudah di jalur yang benar jelang tampil di ajang MotoGP 2019. Menurut Jarviz, langkah pertama yang harus dilakukan Yamaha untuk keluar dari krisis adalah memangkas jarak dengan dua rival utama mereka, yakni Ducati dan Honda.

"Pada pertengahan musim (MotoGP 2018) kami akhirnya mengetahui dengan jelas apa yang harus dilakukan. Tapi, kami harus lebih dulu mengejar rival. Kami jelas di belakang Ducati, dan saya rasa kami juga kalah dari Honda,” ujar Jarviz, melansir dari laman Motorsport, Jumat (7/12/2018).

Jarviz juga mengatakan jika keterpurukan Yamaha selama dua musim terakhir dipicu kesalahan fatal pada tes pertama musim 2016. Saat itu Yamaha melakukan kesalahan besar, tapi tak menemukan solusi yang jitu untuk mengembangkan YZR-M1 milik mereka.

Pria berpaspor Inggris itu awalnya yakin timnya tidak melakukan kesalahan besar pada awal musim 2018. Namun, kesalahan itu dibiarkan tak terungkap sejak akhir musim 2016 sehingga dampaknya berlarut-larut hingga pertengahan musim balap MotoGP 2018.

Baca juga: Rossi Sudah Menyerah Raih Gelar Juara Dunia Ke-10?

“Kesalahan besar terjadi dua tahun lalu. Saat itu, kami tak memahami masalahnya dengan baik. Semua yang terjadi pada MotoGP 2018 adalah konsekuensi dari kejadian itu. Kami membuat keputusan yang salah pada masa lalu dan berusaha memperbaikinya sepanjang musim ini,” tambahnya.

Akan tetapi, tim berlambang garpu tala meraih hasil cukup lumayan meski berada di tengah berbagai kesulitan. Yamaha mengakhiri musim dengan menempati urutan ketiga klasemen akhir kategori konstruktor di belakang Honda dan Ducati. Parahnya lagi, pabrikan asal Iwata, Jepang, itu berselisih 94 angka, dengan koleksi 281 poin.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini