nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

149 Atlet Tarung Derajat Turun di PORA XIII Aceh Besar

Windy Phagta, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 16:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 22 43 1981278 149-atlet-tarung-derajat-turun-di-pora-xiii-aceh-besar-4VHbcV4UvQ.jpg Peserta Tarung Derajat siap turun di PORA XIII Aceh Besar. (Foto: Windy Phagta/Okezone)

BANDA ACEH - Sebanyak 149 atlet cabang olahraga Tarung Derajat ikut bertarung dalam Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII Aceh Besar di Aula Kampus Abulyatama, Gampong Ateuk, Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (22/11/2018).

Pertarungan tersebut digelar selama 4 hari yakni dari tanggal 22-25 November 2018. Ajang tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali. Selain itu, juga dihadiri Ketua Umum PP PORA XIII Drs Iskandar MSi, PB Kodrat, Pengprov Kodrat Aceh Muhammad Al Fatah, seluruh Pengcap Kodrat dari Kabupaten Kota, Wakil ketua KONI Aceh Bahtiar dan Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman, SE.

Mawardi Ali menyampaikan, atlet yang dilepas oleh Kabupaten/Kota itu bagaikan seorang pahlawan yang memiliki tujuan untuk membawa panji dan mengharumkan nama daerah yang diwakili. Hal itu tentu sebuah kebanggaan besar bagi daerah mereka jika nantinya bisa meraup medali sebanyak-banyaknya.

 Tarung Derajat

Pada kesempatan tersebut Mawardi berpesan kepada para atlet agar dapat bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas dan menjaga akhlak yang baik. Hal itu semua tidak terlepas dari ambisi menjaga nama baik daerah masing-masing.

Menurut Mawardi Ali, sang juara itu tidak hanya yang memegang medali emas, perak atau perunggu, melainkan yang memiliki kecerdasan, sportivitas, ikhlas, semangat, berani dan selalu membela kebenaran itulah hakikat daripada sang juara.

Ia juga memuji cabang olahraga tarung derajat yang sudah menampakkan ciri-ciri yang baik, sopan santun, selalu ramah dan tidak cengeng. "Ada beberapa cabang olahraga yang terlalu cengeng, sedikit saja kurang selalu protes, tapi saya salut pada tarung derajat yang selalu menghargai tuan rumah," kata Ali.

 Tarung Derajat

Sementara itu, Ketua Umum pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Aceh, Muhammad Al Fatah berharap kepada para atlet tarung derajat agar dapat menunjukkan prestasi di matras ini. Dalam pandangannya, PORA adalah tempat untuk menampilkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh seorang atlet.

"Banggakan daerah Anda, pulanglah dengan kepala tegak dan prestasi sebagai pemenang membawa nama harum daerah masing-masing," pesan Muhammad Al Fatah

Pada kesempatan tersebut, Al Fatah menuntun para atlet agar dapat menunjukkan sportivitas dalam bermain tentu wajib mengikuti aturan bermain di tarung derajat. Selain itu juga, Muhammad Al Fatah selaku ketua umum pengprov Kodrat Aceh menginginkan para atlet untuk menampilkan karakteristik orang Aceh muncul dalam pertandingan seperti berani, gigih, pantang  menyerah dan bermartabat, namun tidak boleh keluar dalam aturan yg berlaku.

Ia juga menitipkan pesan kepada para juri dan wasit agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menunjukkan sportivitas dan kearifan dan memimpin pertandingan secara adil. Hal itu agar tidak ada pihak yang dirugikan.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini