nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim Tarung Derajat DKI Jadikan Ajang Pomprov untuk Acuan Seleksi Pomnas 2019

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2018 12:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 26 43 1969260 tim-tarung-derajat-dki-jadikan-ajang-pomprov-untuk-acuan-seleksi-pomnas-2019-S7i258WMG4.jpg Cabor tarung derajat Pomprov DKI (Foto: Bagas Abdiel/Okezone)

JAKARTA – Gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) DKI Jakarta 2018 memberikan manfaat tersendiri bagi cabang olahraga tarung derajat. Pasalnya gelaran Pomprov akan menjadi acuan bagi tim tarung derajat DKI untuk menyeleksi para pemain yang akan diikutkan dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019 di Jakarta.

Cabor tarung derajat dalam Pomprov DKI Jakarta sendiri sudah dimulai sejak hari ini (26/10/2018) hingga besok, Sabtu 27 Oktober 2018. Ajang ini diikuti oleh 19 Perguruan Tinggi se-DKI Jakarta dengan mempertandingkan sembilan nomor tarung bebas, di mana tujuh diantaranya untuk kategori putra, dan dua lainnya di kategori putri.

Tarung Derajat (Foto: Bagas Abdiel/Okezone)

Ketua pelaksana cabor tarung derajat di Pomprov DKI Jakarta, Christo, mengatakan bahwa ajang ini bisa menjadi salah satu acuan untuk seleksi Pomnas yang akan berlangsung pada tahun depan. Meski tidak memainkan nomor seni gerak pada kesempatan kali ini, tetapi Christo tetap berharap bahwa ajang ini juga sekaligus bisa menjadi persiapan Tim DKI untuk meraih banyak medali di Pomnas 2019.

Baca juga Petinggi F1 Heran dengan Performa Vettel di Musim Ini

“Untuk sekarang ini di Pomprov kita juga ingin melihat potensi-potensi dari atletnya, siapa saja yang berpotensi untuk Pomnas tahun depan, dari sini kita nanti ada yang masuk final dan juara, itu akan jadi acuan untuk mereka dapat pembinaan juga,” ungkap Christo di Jakarta.

“Harapan nanti di Pomnas kita turunkan semua kelas, untuk seni gerak semua (yang tidak dipertandingkan di Pomprov) kita bisa ikuti semua kategori. Harapannya dapat medali. Kalau kemarin (Pomnas 2017 di Makassar) kita dapat perunggu, minimal perak lah. Kalau bisa ya emas,” tambahnya.

Tarung Derajat (Foto: Bagas Abdiel/Okezone)

Sementara itu, Sang Guru Muda Tarung Derajat, Badai M Dradjat, juga mengatakan hal yang senada. Ia juga menekankan bahwa para pemenang di Pomprov DKI ini tidak mutlak akan mengikuti Pomnas cabor tarung derajat mewakili tim Ibukota . Pihaknya akan melakukan seleksi kembali untuk mencari komposisi tim terbaik di ajang dua tahun sekali itu.

“Ini kan merupakan salah satu upaya pembinaan dan ini diseleksi. Biasanya kita ambil kan juara satu dua tiga. Tapi dalam hal ini untuk lebih si peserta memancing sifat kompetisi saja, bukan berarti peringkat satu dua dan tiga itu akan lolos dalam ajang Pomnas, karena ini kan membawa nama gengsi DKI sebagai tuan rumah. Jadi tetap kami akan membuat seleksi sendiri,” tukas Badai.

(Bad)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini