nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dinyatakan Bersalah, Verstappen Terima Hukuman dari FIA

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 12 November 2018 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 12 37 1976780 dinyatakan-bersalah-verstappen-terima-hukuman-dari-fia-9d2cFXazL8.jpg Max Verstappen (Foto: Twitter @F1)

SAO PAULO – Federasi Automotif Internasional (FIA) menyatakan Max Verstappen bersalah atas keributan yang terjadi di Garasi FIA. Seperti diketahui, Verstappen sempat melakukan kontak fisik dengan Esteban Ocon akibat insiden yang terjadi antar-keduanya di lintasan balap Formula One (F1) GP Brasil 2018 pada Senin (12/11/2018) dini hari WIB.

Verstappen murka setelah ia gagal meraih kemenangan karena tertabrak mobil Ocon berusaha menyalip pembalap berpaspor Belanda tersebut. Akibat insiden tersebut, Verstappen beradu mulut dengan Ocon dan bahkan terlibat dalam adu fisik yang dimulai oleh pembalap Tim Red Bull tersebut.

Max Verstappen dan Esteban Ocon (Foto: laman resmi F1)

Steward pun memanggil kedua pembalap atas insiden tersebut. Hingga akhirnya Verstappen dinyatakan bersalah karena sengaja melakukan kontak fisik dengan Ocon. Verstappen pun harus menerima hukuman menjalani dua hari kerja sosial dengan sepengetahuan FIA dalam rentang waktu enam bulan sejak terjadinya insiden tersebut.

Baca juga Ocon Benarkan Adanya Ajakan Berkelahi dari Verstappen

“Max Verstappen memasuki Garasi FIA, lalu langsung ke Esteban Ocon dan menyampaikan beberapa kata, memulai pertengkaran, mendorong atau memukul Ocon dengan paksa beberapa kali di dada,” tulis pernyataan FIA yang dilansir Senin (12/11/2018).

Max Verstappen dan Esteban Ocon (Foto: Autosport)

“Para steward mengerti Max Verstappen sangat kecewa dengan insiden di trek selama perlombaan dan menerima penjelasannya bahwa itu bukan niat awalnya untuk menyerang Ocon, tetapi dia dipicu dan menyebabkan dia kehilangan kesabaran,” tambahnya.

“Meski bersimpati dengan Verstappen, para steward menetapkan bahwa itu adalah kewajiban olahragawan untuk bertindak secara tepat dan merupakan panutan untuk pembalap lain di semua tingkatan dan Verstappen gagal dalam hal ini,” tukasnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini