nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dovizioso Sebut Ban Michelin Bikin Balapan Jadi Lebih Lambat

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 15 September 2018 00:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 14 38 1950716 dovizioso-sebut-ban-michelin-bikin-balapan-jadi-lebih-lambat-sGHbgjV4xp.jpg Pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso (Foto: Laman Resmi MotoGP)

BOLOGNA – Pembalap Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso, menilai bahwa balapan yang dilakoni oleh para rider dalam gelaran MotoGP 2018 semakin lama menjadi semakin lambat. Pembalap asal Italia itu menduga penyebabnya adalah karena para rider mencoba menghemat ban motor mereka agar cukup hingga garis finis.

Menurut Dovizioso, lapisan ban Michelin yang digunakan oleh para pembalap dengan cepat mengalami penipisan. Sehingga, jika para pembalap memacu motor dengan kecepatan maksimal, maka penipisan ban akan menjadi lebih cepat. Tak ayal, ketika balapan dilangsungkan, para pembalap biasanya mencatatkan waktu dua detik lebih lambat setiap putarannya ketimbang apa yang mereka dapat saat kualifikasi.

(Baca juga: Ducati Sayangkan Kegagalan Lorenzo di Misano)

Andrea Dovizioso

Pada beberapa balapan musim ini, rekan setim Dovizioso, Jorge Lorenzo, telah merasakan dampak dari cepatnya penipisan ban motor Michelin tersebut. Pada balapan di Sirkuit Sachsenring, Jerman, misalnya. Dalam balapan tersebut Lorenzo sempat memimpin balapan di putaran-putaran awal. Akan tetapi, Lorenzo tidak bisa mempertahankan posisinya tersebut karena ia harus melambatkan laju motornya guna menghemat ban.

“Sebagian besar waktu, balapan menjadi lebih lambat, dan tidak ada yang bisa memacu motor dengan maksimal dari awal hingga akhir karena konsumsi ban selalu agak tinggi. Jadi itulah alasan mengapa kami sedikit lebih lambat ketimbang saat latihan. Semua orang mengelola energi mereka, tetapi terutama ban belakang mereka,” ucap Dovizioso, menyadur dari GP Xtra, Sabtu (15/9/2018).

Andrea Dovizioso

“Saya sangat bahagia karena balapan sebelumnya (di San Marino) adalah akhir pekan yang sempurna untuk memulai dengan kecepatan ini dalam latihan pertama adalah sempurna dan memberi kami kemungkinan untuk bekerja dengan cara yang sempurna untuk balapan.,” lanjut Dovizioso.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini