Calon Grandmaster Catur Dunia Asal Indonesia Bernama Samantha Edithso

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 17 Juli 2018 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 17 43 1923636 calon-grandmaster-catur-dunia-asal-indonesia-bernama-samantha-edithso-NRVZCjfshP.jpg Samantha Edithso. (Foto: Kristianus Liem)

JAKARTA – Dunia catur Indonesia kedatangan bintang baru. Dia adalah Samantha Edithso. Nama Samantha melambung tinggi usai meraih gelar juara dunia di ajang FIDE World Championship 2018 U-10 yang digelar di Minks, Belarusia, pada akhir Juni lalu.

Penampilan apik ditunjukkan Samantha dalam perlombaan tersebut. Dari sembilan partai yang diikutinya, Samantha dapat meraih 8,5 poin. Ini menunjukkan bahwa hampir saja menyapu bersih seluruh pertandingan, hanya satu hasil remis atau imbang yang diraih olehnya, yakni kala berhadapan dengan pecatur asal Uzbekistan, Afruza Khamdanova, di babak ketiga.

Meski tak dapat menaklukkan Khamdanova yang menjadi pemenang FIDE World Championship edisi sebelumnya, Samantha tetap memastikan diri meraih gelar juara di ajang tersebut. Gelar ini tentu saja telah mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Ternyata, gelar ini bukanlah satu-satunya yang berhasil diraih Samantha. Sebelumnya, ia juga pernah meraih medali emas catur kilat dalam Kejuaraan Catur Antar-Pelajar Asia Ke-13 yang digelar di Kota Panjin, Provinsi, Liaoning, China, pada Agustus 2017.

Selain itu, ia juga meraih gelar Woman FIDE Master (WFM) dari catur klasik. Berbagai lawan yang memiliki kemampuan gemilang dalam dunia catur dapat dengan mudah ditaklukkan Tata –sapaan akrab Samantha– selama melakoni perlombaan-perlombaan tersebut. Karena itu, Samantha pun diyakini bisa menjadi grandmaster catur dunia suatu hari nanti.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini