287 Atlet Se-Jawa Barat Meriahkan Milad Tarung Derajat Ke-46

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 14:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 12 43 1921415 287-atlet-se-jawa-barat-meriahkan-milad-tarung-derajat-ke-46-0PLhrdpRKy.jpg Salah satu atlet tarung derajat yang ikut Kejurda se-Jawa Barat. (Foto: Dwi Ayu/Okezone)

CIREBON - Dalam memeriahkan milad Tarung Derajat ke-46, sebanyak 287 atlet petarung dan seni gerak Tarung Derajat dari 27 Kota/ Kabupaten se-Jawa Barat akan berlaga di Gor Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Ketua Panitia Kejuaraan, Jafarudin, menuturkan 287 atlet ini akan bertarung mulai tanggal 13-15 Juli 2018. Mereka (para atlet) merupakan atlet petarung dan seni gerak Tarung Derajat dari 27 Kota/ Kabupaten se Jawa Barat. Kegiatan ini untuk memeriahkan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tarung Derajat usia dini dan pelajar.

“Para atlet usia sekolah dasar dan menengah pertama itu akan bertarung dalam rangka tasyakur bil ni’mah (Milad) Tarung Derajat ke-46 (1972-2018)," terangnya, Kamis (12/7/2018).

Menurutnya, acara yang rencananya akan dibuka wali Kota Cirebon itu di antaranya bertujuan untuk mensyukuri dan memperingati milad sang guru dan Tarung Derajat. Selain itu, juga mempererat tali persaudaraan antar anggota keluarga olahraga Tarung Derajat, serta sebagai syiar Tarung Derajat.

“Kegiatan itu juga bertujuan memaknai kelahiran Tarung Derajat, mengenalkan Tarung Derajat dikalangan usia dini dan pelajar khususnya di Jawa Barat umumnya di nasional, dan meningkatkan daya tarik dan eksistensi Tarung Derajat di kalangan sekolah-sekolah formal," katanya.

Ia berharap kegiatan tersebut juga bisa membawa Tarung Derajat masuk dalam pembinaan olahraga pelajar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membuat Tarung Derajat masuk dalam pembinaan pelajar Dispora Jabar yang diakui keberadaannya di PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) dan PPLPD (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah) Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat," ujarnya.

Jafarudin menambahkan. hampir 46 tahun sejak dideklarasikan, Tarung Derajat tidak hanya mengedepankan fisik, namun juga mengolah pikiran, rasa, dan keyakinan. Selain itu, melatih otak, otot, dan nurani yang merupakan bagian dari teknik dan keilmuan olahraga Tarung Derajat.

“Semua itu terbukti telah mampu melahirkan insan-insan yang memiliki kemandirian, disiplin, loyalitas, menjunjung tinggi nilai sportivitas dan tingkat solidaritas yang tinggi," tambahnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini