Roger Federer Dianjurkan Tak Ikuti Prancis Open 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 02:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 40 1872875 roger-federer-dianjurkan-tak-ikuti-prancis-open-2018-OlsxUqmlKA.jpg Petenis Swiss, Roger Federer (Foto: AFP)

MIAMI – Padatnya jadwal kejuaraan tenis dunia (ATP World Tour) 2018 membuat para petenis harus memikirkan dengan cermat strateginya demi bisa mendapatkan hasil maksimal. Maka dari itu, mantan petenis dunia, James Blake, menganjurkan agar Roger Federer absen di sejumlah turnamen demi bisa meraih hasil yang memuaskan dan mempertahankan performanya.

Saat ini, Federer tengah berada di puncak masa keemasannya lagi setelah menempati peringkat satu petenis dunia usai memenangkan Rotterdam Open 2018. Pasalnya, perolehan poin petenis asal Swiss itu telah melampaui rival terberatnya, Rafael Nadal.

(Baca juga: Federer Akui Sulit Jaga Rekor Tak Terkalahkannya)

Federer bahkan memiliki kemungkinan besar untuk semakin memperlebar jarak poinnya dengan Nadal. Hal tersbeut dikarenakan saat ini Federer tengah berlaga di kejuaraan Indian Wells 2018, sementara Nadal harus absen dan menepi dari lapangan tenis selama beberapa waktu lantaran mengalami cedera panggul.

Namun begitu, Blake memberi peringatan kepada Federer untuk tidak bertindak gegabah. Menurutnya, adalah langkah yang bijak bagi Federer untuk tidak turut serta dalam kejuaraan Prancis Open 2018. Blake tentunya menyoroti kondisi fisik Federer yang kini telah berusia 36 tahun dan rentan mengalami cedera.

Blake menyarankan kepada Federer untuk mengulangi langkah seperti musim lalu, yakni absen di Prancis Open, namun comeback saat Wimbledon dan menjadi juara. Sementara Federer sendiri, sebelum ini telah mengungkapkan kalau keputusannya berlaga di Prancis Open atau tidak akan diputuskan setelah kejuaraan Indian Wells 2018 selesai digelar.

“Saya pikir itu merupakan keputusan yang tepat tahun lalu dengan tidak turut serta di Prancis Open. Saya pikir akan menjadi keputusan yang tepat juga bila tahun ini kembali absen di Prancis Open. Dia (Federer) memahami tubuhnya dengan cukup baik, lebih baik dari yang lainnya,”  ucap Blake, seperti diwartakan Express, Kamis (15/3/2018).

“Saya kira ini merupakan formula yang tepat untuk membuatnya memainkan pertandingan tenis terbaiknya di Wimbledon dan AS Open, yang merupakan kesempatan terbaiknya mendapatkan gelar juara grand slam di titik ini dalam kariernya,”  lanjut mantan petenis nomor empat dunia itu.

Blake tentunya mengingatkan Federer untuk tidak terburu-buru dalam memenangkan grand slam, mengingat kondisinya saat ini yang sedang berada di atas angin. Pasalnya, rival-rival Federer lainnya di jajaran The Big Four saat ini tengah berkutat dengan cederanya masing-masing. Selain Nadal, Andy Murray dan Novak Djokovic juga sedang masuk ruang perawatan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini