nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Federer Akui Sulit Jaga Rekor Tak Terkalahkannya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 22:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 09 40 1870524 federer-akui-sulit-jaga-rekor-tak-terkalahkannya-W60hAplCjl.jpg Petenis Swiss, Roger Federer (Foto: AFP)

CALIFORNIA – Sejauh ini, dalam gelaran kejuaraan tenis dunia (ATP Tour) 2018, Roger Federer tampil sebagai sosok yang paling gemilang. Pasalnya, di tahun ini petenis asal Swiss itu belum pernah satu kali pun merasakan kekalahan di turnamen resmi.

Saat mentas di ajang Australia Open 2018 pada bulan Januari, Federer sanggup melaju hingga partai final dan memenangkan turnamen tersebut. Sementara satu bulan berselang, saat tampil di Rotterdam Open 2018, petenis 36 tahun itu juga mampu melangkah hingga final dan kembali menjadi juara.

(Baca juga: Federer Bagikan Pengalamannya Comeback dari Cedera)

Tak ayal, Federer pun kini menempati posisi sebagai petenis nomor satu dunia, menggeser Rafael Nadal. Beriringan dengan itu, selain mencatatkan rekor sebagai petenis tertua yang menempati peringkat satu dunia, Federer juga menjaga catatannya dengan tak terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir.

Kini, Federer tengah bersiap untuk berlaga di Indian Wells 2018, ia pun mengemban misi untuk bisa terus menjaga catatan tak terkalahkannya tersebut. Namun, peraih gelar juara grand slam 20 kali itu mengakui bahwa bukan tugas mudah untuk bisa menjaga catatan apiknya tersebut. Federer mengaku teringat dengan apa yang terjadi di tahun 2007.

Pada tahun tersebut, Federer sempat memiliki catatan tak terkalahkan hingga 41 pertandingan. Namun, catatan tersebut terhenti kala Federer berhadapan dengan petenis Argentina, Guillermo Canas, di babak kedua Paribas Open 2007 (kini Indian Wells). Maka dari itu, ia kini khawatir hal tersebut akan kembali terulang, apalagi ini merupakan ajang yang sama.

“Saya kira hal yang sulit untuk mempertahankannya (catatan tak terkalahkan) secara umum karena Anda tahu rekor tersebut pada akhirnya akan patah. Tenis – jaraknya sangat tipis. Itulah mengapa awal musim ini sangat luar biasa karena berlangsung baik dan tidak mengalami kekalahan,” ujar Federer, seperti diwartakan Express, Jumat (9/3/2018).

“Saya ingat kemenangan beruntun terpanjang saya terhenti di sini (Indian Wells) saat melawan Guillermo. Jadi saya berharap itu tidak akan terjadi lagi, tapi mari kita lihat,” tuntas Federer.

Federer akan memulai laga perdananya di Indian Wells 2018 dari babak kedua. Ia bakal berhadapan dengan petenis Argentina, Federico Delbonis. Dalam tutnamen kali ini, Federer merupakan unggulan pertama. Bukan saja karena statusnya sebagai petenis nomor satu dunia, namun ia juga juara bertahan tahun lalu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini