Image

Pelatih Taekwondo Indonesia Evaluasi Nomor Kyorugi Putra

ant, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 06:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 12 43 1858112 pelatih-taekwono-indonesia-evaluasi-nomor-kyorugi-putra-CaNA8F2ulr.jpg Taekwondo jadi salah satu cabang olahraga dalam Test Event Asian Games 2018 (Foto: ANTARA)

JAKARTA - Pelatih Kepala taekwondo Indonesia nomor kyorugi, Lee Sun Jae, menuturkan atlet sektor putra Indonesia di nomor itu masih kurang pengalaman sehingga tak secemerlang sektor putri di uji coba Asian Games 2018.

Dalam turnamen uji coba bertajuk "invitation tournament" Asian Games 2018, pada 10-11 Februari di JI Expo Kemayoran, Jakarta, sektor putra kyorugi Indonesia, tak bisa memberikan satu keping pun emas, sementara sektor putri mampu mendulang dua emas.

"Atlet putra memang tidak terlalu menonjol di test event ini, karena baru pertama kali bermain kompetisi international, artinya mereka masih kurang pengalaman. Jadi kita harus perbaiki," kata Lee di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu 11 Februari 2018.

Terkait itu Lee mengatakan tim akan dikirim untuk mengikuti laga uji coba internasional di banyak tempat selain pemusatan latihan di Korea Selatan dua bulan.

Kejuaraan yang akan diikuti tim kyorugi yakni kejuaraan internasional di Malaysia, Kejuaraan Asia di Vietnam, Spanyol Terbuka, Jerman Terbuka, Korea Terbuka dan Piala Kim Min-Jeong.

"Saya yakin dengan banyak turnamen uji coba dan program yang diberikan, ke depan mereka bisa berkembang lebih baik lagi dan bermuara pada performa puncak Asian Games," katanya.

Pemusatan latihan cabang taekwondo untuk Asian Games 2018 berlangsung di Cibubur, Jawa Barat, dimulai sejak usai SEA Games 2017 lalu.

Lee menilai ada beberapa atlet yang menunjukan perkembangan pesat sebagai persiapan dalam Asian Games 2018, meski beberapa nama belum menunjukan hasil yang maksimal dalam uji coba itu, khususnya di sektor putra.

"Tapi mereka semua juga sudah tahu salahnya di mana dan harus diperbaiki di mana, kami juga sudah punya programnya. Semua akan kami perbaiki. Bagi saya, untuk teknis sudah bagus, fisiknya yang terlihat masih kurang, kalau sudah bagus saya yakin hasil yang didapat, akan sesuai dengan keinginan," ujar Lee.

Juara Umum Dalam uji coba Asian Games cabang taekwondo pada 10-11 Februari 2018, tim taekwondo Indonesia, berhasil mengumpulkan enam emas, dua perak dan satu perunggu, dan menjadikan Indonesia juara umum uji coba cabang taekwondo.

Emas Merah Putih, disumbangkan tim poomsae (artistik) putri, tim poomsae putra, Defia Rosmaniar di perorangan poomsae putri, Muhammad Alfi Kusuma di perorangan poomsae putra, Mariska Halinda di kyorugi (tarung) kelas -53 kilogram putri dan Shaleha Fitriana Yusuf di kyorugi kelas -67 kg putri.

Baca juga: Tim Taekwondo Indonesia Petakan Kekuatan Lawan di Asian Games 2018

Sementara itu, medali perak disumbangkan Reinaldy Atmanegara di kyorugi kelas -58 kg putra, Nicholas Armanto di kyrugi kelas +80 kg putra.

Adapun perunggu, disumbang Ibrahim Zarman di kyorugi kelas -63 kg putra, Dhean Titania Fazrin di kyorugi kelas -49 kg putri, Permata Cinta Nadya di kyorugi kelas -57 kg putri dan Delva Rizki di kyorugi kelas +67 kg putri.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini