Nick Kyrgios Diyakini Bisa Menjadi Petenis Terbaik Dunia

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 01:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 29 40 1851866 nick-kyrgios-diyakini-bisa-menjadi-petenis-terbaik-dunia-vLxDfFTc0N.jpg Petenis Australia, Nick Kyrgios (Foto: AFP)

MELBOURNE – Dalam gelaran Australia Open 2018, petenis tuan rumah, Nick Kyrgios, menjadi salah satu atlet yang mendapat banyak sorotan. Pasalnya, selain statusnya sebagai unggulan tuan rumah, Kyrgios juga di awal 2018 telah menjuarai turnamen Brisbane International.

Di ajang Australia Open 2018 pun Kyrgios sebenarnya mampu menunjukkan tajinya dengan mengalahkan petenis kenamaan, seperti Jo-Wilfried Tsonga pada babak ketiga. Namun harus disayangkan, unggulan tuan rumah tersebut harus kandas di babak keempat kala berhadapan dengan petenis Bulgaria, Grigor Dimitrov.

(Baca juga: Nick Kyrgios Juarai Brisbane International 2018)

Kendati begitu, legenda tenis Australia, Rod Laver, justru menilai bahwa Kyrgios memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi petenis terbaik dunia. Terlebih lagi, Laver menyoroti usia Kyrgios yang masih terbilang muda, yakni 22 tahun, yang mana masih memungkinkan dirinya untuk berkembang.

Lebih lanjut, Laver menyoroti perubahan mental yang kini dimiliki oleh Kyrgios. Menurutnya, sejak menjuarai Brisbane International 2018, Kyrgios telah memiliki mental bertanding layaknya para petenis besar dunia. Maka dari itu, ia tak meragukan kalau kompatriotnya itu mampu mengikuti jejaknya menjadi yang terbaik.

“Saya kira pendekatan mentalnya telah berubah dengan memenangkan turnamen Brisbane. Nick, saya pikir, siap untuk terlibat. Mengalahkan Tsonga di Melbourne sini merupakan awal yang bagus. Saya percaya dia siap melakukan sesuatu,” ucap Laver, menukil dari Tennis World USA, Selasa (30/1/2018).

“Dari caranya ia bertanding, dia hanya bertanding dan tidak membiarkan hal-hal di luar itu membuatnya cemas. Saya pikir, Nick Kyrgios bisa menjadi petenis terbaik di dunia. Dia memiliki semua tanda itu. Jadi banyak juga orang-orang launnya mengatakan hal yang sama,” lanjut pria 79 tahun itu.

“Apa yang telah dia lakukan? Dia mengalahkan (Rafael) Nadal, mengalahkan (Roger) Federer, berada di (level) dekat mereka semua, pada kondisi terbaik mereka,” tuntas Laver.

Meski kini Kyrgios menjadi harapan baru bagi Australia, namun tak bisa dimungkiri masih banyak hal yang harus disiapkan petenis muda tersebut. Saat ini Kyrgios menduduki peringkat 13 dunia. Apabila menilik dari segi usia, maka yang bakal menjadi musuh bebuyutan Kyrgios ke depannya kemungkinan adalah petenis Jerman, Alexander Zverev, yang kini menduduki peringkat lima dunia dalam usianya yang masih 20 tahun.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini