nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Perbedaan Lee Chong Wei serta Lin Dan di Mata 2 Pebulu Tangkis India

Nanda Karlita, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 22:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 05 40 1840760 ini-perbedaan-lee-chong-wei-serta-lin-dan-di-mata-2-pebulu-tangkis-india-6F7WUhlJp2.jpg Lee Chong Wei (kiri) dan Lin Dan (Foto: AFP)

NEW DELHI – Dua pebulu tangkis legendaris dunia, Lee Chong Wei (Malaysia) dan Lin Dan (China), memang tak bisa diragukan lagi mengenai penampilannya. Bahkan banyak dari pebulu tangkis dunia saat ini yang dulunya mengidolakan kedua pemain tersebut.

Pujian kini datang dari dua pebulu tangkis tunggal putra India yakni HS Prannoy dan Kidambi Srikanth. Menurut Prannoy, baik Chong Wei dan Lin Dan memiliki karakteristik permainan yang berbeda.

(Baca juga: Axelsen Kagum dengan Permainan Lee Chong Wei & Lin Dan)

Menurut Prannoy, Chong Wei merupakan pemain yang memiliki fisik yang kuat dan berhasil menjaganya sejak 2010. Bahkan saat ini, pebulu tangkis ranking dua dunia itu berhasil menunjukkan stabilitas permainannya meski usianya yang tak lagi muda.

Sementara itu, Prannoy berpendapat lain mengenai penampilan Lin Dan. Menurutnya, pebulu tangkis yang memiliki julukan Super Dan tersebut memiliki tipikal permainan menyerang saat berhadapan dengan lawannya.

“Mereka benar-benar pemain yang berbeda. Kami semua telah mengidolakan mereka. Jadi, saat kami berada di lapangan melawan mereka, rasanya seperti mereka adalah lawan dan bukan lagi idola. Itu satu hal yang telah kami pelajari selama bertahun-tahun dan itulah mengapa kami bisa mengalahkan mereka. Pada awal karier, kami memberi mereka banyak rasa hormat malahan mereka benar-benar akan mengalahkan kami. Chong Wei sama fitnya pada tahun 2010 dan bermain sebaik mungkin. Dia adalah satu orang yang sangat eksplosif, sangat cepat, dan saya tidak pernah melihat dalam kariernya selama bertahun-tahun tanpa cedera besar,” ujar Prannoy, mengutip dari Times of India, Jumat (5/1/2018).

“Lin Dan telah menjadi pemain yang sama sekali berbeda. Pada setiap tahapan kariernya, ia memiliki tipe permainan yang berbeda. Dia bermain dengan menyerang sejak 2008 hingga 2010, lalu ia mulai memperlambat permainan. Sekali lagi di Olimpiade 2012 mengatakan, ia menjadi lebih eksplosif. Itulah satu-satunya perbedaan yang bisa saya lihat,” tambahnya.

(Baca juga: Axelsen Bicara soal Persaingan Tunggal Putra dan Targetnya di 2018)

Selain Prannoy yang mengungkapkan perbedaan permainan kedua pemain, Srikanth juga membeberkan pembeda penampilan Chong Wei dan Lin Dan saat bermain. Namun, Srikanth tetap mengagumi sosok kedua pemain.

“Tidak ada yang tersisa untuk menggambarkannya. Mereka adalah legenda besar permainan. Chong Wei telah mempertahankan kebugarannya sejak 2008 dan itu sangat luar biasa. Lin Dan adalah seseorang yang kembali saat acara besar dan kembali benar-benar fit. Sangat bagus untuk melihat mereka di sana,” sambung Srikanth.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini