nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Jong-un Bersedia Kirim Atlet Korea Utara ke Olimpiade Musim Dingin 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 01 Januari 2018 21:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 01 43 1838489 kim-jong-un-bersedia-kirim-atlet-korea-utara-ke-olimpiade-musim-dingin-2018-GqQ8bYimxh.jpg Olimpiade Musim Dingin 2018 (Foto: AFP)

PYONGYANG – Korea Utara akhirnya bersedia mengirimkan tim ke Olimpiade Musim Dingin 2018 yang akan berlangsung di PyeongChang, Korea Selatan pada 9-25 Februari 2018. Hal tersebut disampaikan sang presiden, Kim Jong-un yang telah mengunkapkan sebuah pengumuman mengejutkan dalam pidato Tahun Baru.

Dalam pidatonya tersebut, Kim Jong-un mengumumkan bahwa pihaknya terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Seoul, Korea Selatan. Ia pun mengizinkan para atletnya untuk tampil dan bersaing di ajang empat tahun sekali itu.

“Pertandingan Musim Dingin yang akan diselenggarakan di Korea Selatan akan menjadi kesempatan yang baik bagi negara ini. Kami sangat berharap Olimpiade Musim Dingin (2018) akan sukses,” ungkap Kim Jong-un, mengutip dari Express, Senin (1/1/2018).

Baca juga Makassar Kembali Jadi Juara Umum Paralympic Se-Sulsel

“Kami siap mengambil berbagai langkah, termasuk pengiriman delegasi. Untuk tujuan ini, kedua negara Korea bisa segera bertemu,” tambahnya.

“Tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan rezim Korea Utara dan Korea Selatan akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin tahun ini yang memegang peranan penting bagi kedua negara Korea,” lanjutnya.

Meski begitu, Korea Utara sebenarnya telah melewati batas waktu pemasukan nama atlet yang ditutup pada Oktober 2017. Padahal tim Korea Utara berhasil meloloskan pasangan ice skating, Ryom Tae-ok dan Kim Ju-sik mereka untuk tampil di ajang tersebut. Namun, pihak Komite Olimpiade Internasional (IOC) masih membuka pintu bagi Korea Utara untuk memberikan wild card kepada atlet yang mereka yang terpilih.

Baca juga Peraih 4 Emas Olimpiade 2016 Ini Berubah Peran di Tim Senam AS

Selain itu, Kim Jong-un menegaskan bahwa Korea Utara tidak akan melepaskan program nuklir dan misil selama gelaran berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mendukung kesuksesan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan.

Sebelumnya, Kim Jong-un telah didesak berbagai pihak untuk membiarkan atletnya ikut ambil bagian dalam ajang tersebut. Bahkan Korea Selatan telah melakukan berbagai upaya untuk membujuk negara ibukota Pyongyang itu untuk tampil dan meredakan ketegangan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini